Selasa, 02 Oktober 2012

8 Cara Ampuh Hadapi UTS




Hari-hari ini Javas lagi sibuk belajar nih... Biasalah, karena status masih pelajar, dan sekarang udah memasuki masa-masa UTS alias masa mid semester, jadinya ya Javas harus sering-sering pegang buku buat belajar. Sebenarnya tiap hari gak pernah jauh-jauh dari buku sih, hanya beda buku aja. Bukan buku pelajaran yang diajarin di sekolah, tapi novel. *Ketawa Setan*

Nah, karena udah memasuki masa-masa UTS. Beberapa hari yang lalu Javas mencoba tanya-tanya ke temen-temen, ke pacar Javas juga. Gimana cara belajar pas menjelang UTS? dan tahu gak, jawaban mereka bermacem-macem lho...

Berikut Javas tuliskan beberapa tips untuk menghadapi UTS yang Javas dapatkan dari teman-teman:

1. Ya Belajar!

Yup, jawaban paling bener dan tak mungkin bisa dibantah lagi. Namanya juga mau ujian, kalo mau dapet nilai bagus, kudu belajar, kan? pasdapet jawaban ini temen-emenku banyak yang pada mau jitak dia lho.... secara awabannya nahjong banget. Tanyanya serius, jawabnya enteng dan gak merasa bersalah. huh!

2. Belajar H-1 pake adrenaline.

Nah, untuk tips yang ini rada-rada meragukan, tapi juga paling banyak dipraktikkan. Gimana tidak banyak dipraktikkan, udah pada tahu kan, kalo anak SMA banyak bener beban belajarnya. Masa tiap hari ada aja tugas yang harus dikerjain. Mulai dari mencatat, PR, tugas kelompok, meriview dan tugas-tugas lainnya. Gak tahu deh, dikira kita ini pelajar robot apa, bisa disurh terus-terusan. Bisa stress nih....


3. Banyak Baca.

Jawaban ini ada benernya juga. Kalo mau pintar memang harus dan kudu banyak-banyak membaca. Karea dengan membaca, pengetahuan kita bertambah. Kalo pengetahuan bertambah, makin pinter,kan? 

Nah, masalahnya bagi Javassih... selama ini Javas lebih suka baca novel daripada baca buku pelajaran. Selain lebih menarik, novel jga memaba bagi pembacanya berimejinasi. Seharusnya buku-buku pelajaran itu dibuat novel aja kali ya,biar ada rasasuka membacanya. 

4. Belajar sambil dengerin musik klasik

Kalo dengerin musik sih suka, tapi kalo dengerin musik klasik, sepertinya gak dulu deh! Udah Javaspraktikin sih, tapi ujung-ujungnya malah kebawa tidur karena musiknya yang tenang. Tapi kalo baca-baca buku, katanya sih emang bagus kalo belajar sambil dengerin musik. Perlu dicoba lagi kayaknya ya, biar nilai UTS makin bagus nih...


5. Suasana yang tenang buat belajar

Tips ini sering Javaslakukan juga sih. Di dalam kamar, buka buku, baca-baca catetan. Pokoknya butuh tempat yang enang lah buat belajar. Namnaya juga belajar, gakmungkin kan kalo dilakukan di tempat ramai, semacam pasar ato tempat dugem. Jadi kudu nyari ketenangan buat belajar.

6. Sediakan Cemilan

Biar belajarnya makin semangat, gak ngantuk, jangan lupakan cemilan ya... ingat, cemilan,bukan makanan yang bikin kenyang lho.... soalnya kalo makanan yang bikin kenyang, pasti efeknya ngantuk. Jadi cemilan yg ringan-ringan aja.

7. Sistem Kebut semalem

Tips yang gak banget buat dipraktiken sih, tapi sering Javas lakukan juga. Sepertinya bukan hanya Javas aja yang ngelakuin ini, banyak temenku yang lakuin ini juga. Gak cocok buat otak, karena terlalu memforsir, tapi giman alagi ya.... hanya punya waktu sedikit untuk menyiapkan UTS, jadi tips ini yang sering dilakukan. 

8. Santai

Kalo yang ini dari pacarku. Dia ngasih tips buat belajar cara ini, dibawa santai aja. Belajarnya gak usah ngotot. Kasih jeda pas belajar, kayak misal dua jam sekali istirahat 10 menit. Selain itu, buat ringakasan juga, karena saat nulis pasti ada yang nyangkut di otak. 


Oke, segini dulu postingan tips untuk kesuksesan UTS. Sebelum Javas tutup tulisan ini, Javas udah membuat satu permintaan untuk bulan ini. #OctoberWish Semoga nilai-nilai baik pelajaran, ulangan, uts menjadi lebih baik dari yang baik. Dan yang lebih penting lagi, semoga perilakuku juga jadi lebih baik lagi! Amin





14 komentar:

heni nuraeni mengatakan...

iya bener tuh vas , pokonya jgn dibawa tegang deh .
slow aja and jgn lupa berdoa :)

Indra Hasan mengatakan...

jadi inget waktu masa uts uas dulu ane seringgya sistem kebut semalam,,,,,sebaiknya jangan ditiru kelakuan yang itu bikin frustasi

Bayu Putra Abuna mengatakan...

manfaat banget nih..

tapi geu sring ngelakuin yang nomer 2, belajar H-1 pake adrenaline, berasa kayak perang

Robianus Supardi mengatakan...

Bakal dicoba deh tips lo Vas,.

Tips yang ke-7 itu gue banget :)
Hahaha

Nauval Bahari mengatakan...

kalo gue pribadi sih, masih pakek sistem SERSAN (Serius Santai)
jadi pas mo ujian, tinggal baca.

Rayen mengatakan...

Kirain ada trik ++nya hehe ... :D

Semua Tips dapat diterima kecuali "sistem kebut semalem" gue banget itu hehe ... XD

Ahmad Alqurniawan mengatakan...

Nomer 5 sulit nih bagi gue !!

Javas K. Niscala mengatakan...

@ heni nuraeni:

slow emang wuokeh!

Javas K. Niscala mengatakan...

@Indra Hasan :

aku juga gak bakal ngikutin cara itu kok. bikin pusing. heheh

Javas K. Niscala mengatakan...

@Bayu:

makaih....
moga dpt dimanfaatin ya...

Javas K. Niscala mengatakan...

@ Robianus Supardi :

Pastinya, udah kebaca tuh! hehehe

Javas K. Niscala mengatakan...

@Nauval Bahari :

eh, ada juga model kayak githu ya...
kayaknya masuk yg terakhir tuh!

Javas K. Niscala mengatakan...

@ Rayen:

lho, itu bukan trik ya... heheh

Deya ButterFelt mengatakan...

sarannya beguna banget nih...
kasih jempol deh

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya. Happy blogwalking!