Kamis, 03 Januari 2013

Apakah Ectomorph, Mesomorph, dan Endomorph itu?



Hi, sobat blogger. Gak nyangka banget jika postinganku kemarin bisa ramai seperti itu. Seneng banget deh ketika tahu bahwa pengunjung blogku suka dengan tampilan blogku yang baru, juga dengan postinganku tentang tiga cara menambah berat badan kemarin. 

Nah, mungkin masih ada yang bertanya-tanya, tiga tipe tubuh yang kemarin itu apa saja yang dimaksud? abisnya kemarin Javas hanya menerangkan satu tipe saja, yaitu Ectomorph. Oke, karena alasan itulah hari ini Javas ingin membagi pengetahuan tentang 3 tipe tubuh manusia. Javas sendiri gak ahli sih, bukan bidang Javas tentang hal ini. Hanya berbekal secuil kertas dari majalah dan mencari tahu kepada mbah Googlelah akhirnya Javas berbagi tentang pengetahuan ini.

Yup, dalam dunia fitnes, tubuh manusia dibagi menjadi 3 tipe tubuh. 3 tipe tubuh manusia ini digagas dan dikenalkan pertama kali oleh seorang ahli psikologi asal Amerika dengan sebutan teori "Somotype". Dengan mengenali tipe tubuh ini harapnnya orang yang mengikuti fitnes mampu membantu dalam menentukan program diet yang tepat, entah itu diet untuk menambah massa otot dalam tubuh atau diet untuk membakar lemak.

Perbedaan 3 tipe tubuh yang dikenal dengan Somotype tersebut adalah Ectomorph, Mesomorph, dan Endomorph. Jika penasaran, apakah yang dimaksud dengan 3 tipe tubuh itu, berikut adalah penjelasannya:

Ectomorph
Ectomorph adalah tipe/bentuk tubuh yang kurus dan agak sulit untuk membangun otot di tubuh. Pertumbuhan berat badan dan otot membutuhkan kesabaran karena manusia dengan jenis tubuh ectomorph memiliki metabolisme tubuh yang tinggi, khususnya dalam pembakaran lemak, ectomorph cenderung membakar lemak dengan cepat dan tidak berlama-lama menyimpan lemak dalam tubuh. 

Manusia dengan tipe tubuh ectomorph terlihat ramping dengan hanya sedikit lemak tubuh dan massa otot. Tipe ectomorph harus memakan lebih banyak kalori dalam diet untuk menambah berat badan. Ciri-ciri manusia dengan tipe tubuh ectomorph adalah mereka yang berbahu sempit, cepat merasa lapar dan banyak makan tapi tidak bisa gemuk.

Mesomorph
Mesomorph adalah bentuk tubuh yang atletis dengan tubuh padat dan berotot dengan tampilan yang kekar. Tipe tubuh ini biasanya paling mudah membentuk tubuh dan mendapatkan massa otot optimal, jenis tubuh mesomorph juga disebut-sebut sebagai tipe tubuh idaman. Ciri-ciri manusia dengan tipe tubuh mesomorph adalah mereka yang berbahu lebar, tubuh terlihat gagah dan cenderung berbentuk V-shape, dan porsi makan sedang.

Endomorph
Karakter tubuh endomorph biasanya ditunjukan pada mereka yang memiliki bentuk badan yang bulat, gempal dan biasanya bertubuh besar. Orang dengan tipe tubuh ini sulit untuk menurunkan berat badan. Diet sehat dan olahraga teratur sangat penting untuk dilakukan oleh orang yang memiliki tipe tubuh ini. Porsi makanan harus lebih kecil dan lebih sering, tetapi dengan gizi yang seimbang. Makan setiap 3 jam sekali atau sebanyak 6 kali sehari untuk melancarkan metabolisme. Kurangi karbohidrat, perbanyak protein dan serat dalam diet. 

Ciri-ciri manusia dengan tipe tubuh endomorph adalah mereka yang berbahu tidak begitu lebar namun bagian perut sering menonjol dan seringkali bagian pinggang lebih lebar daripada bahu, tidak begitu cepat merasa lapar tapi bagi yang tidak mengontrol makanan memiliki nafsu makan yang besar.


Oke, demikian tambahan postingan Javas kali ini. Semoga menambah pengetahuan kita tentang tipe seperti apakah tubuh kita. Semakin awal kita tahu tentang tipe ini, semakin awal pula kita memahami apa yang diperlukan jika ingin memahami dan mengenali tubuh kita. Terima kasih atas kunjungannya dan happy blogging!




32 komentar:

Bayu P Abuna mengatakan...

gue kayaknya ini ectomorph, gue ga terlalu kuat makan, cuma sedikit aja. Mungkin perut gue kayak kosan yang sempit.

Lutfie Ferdiansyah mengatakan...

Ectomorph hahah

Meykkesantoso mengatakan...

oke, terkuak sudah kalo aku adalah termasuk dalam Ectomorph :p

pelangi anggita mengatakan...

ASTAGFIRULLAH JAVAAAAAS -__- ITU GAK BISA DI SENSOR DIKIT ????? :D
KALO AKU KAYANYA MESOMORPH :D

AKU KAN BOHAY-BOHAY DIKIT :p

Willy Ikhwan Anugerah mengatakan...

bang gue yang tipe ectomorph, jadi gimana cara gemukinnya yah ??

Rayen Hendra mengatakan...

Wew ... gambarnya sexy yang nomer tiga mateb tuh ...(@,@)

Saya tipe Ectomorph Kak Javas. Tapi, dulu waktu kecil kok bisa gemuk ya ... mungkin juga tipe yang akhir Endomorph ._.

Semoga Kak Javas cepet dapat badan yang dinginkan "ideal". Amin ... (/-,-\)

nenna massara mengatakan...

bentuk badan yang kyk lidi namanya apa ya ?

Ohanzee Rushee mengatakan...

mungkin gue termasuk jenis tubuh Mesomorph yaA vas...
ahahaahah.....
#di liat dari sedotan

v sayng perut gue kayak di tipe no #...gmana yaA vas cara ngecilinnya ?
hiihihihi

Rinem mengatakan...

endomorph kayak pak polisi di jalan raya dunkn haha

Si Anak Ayam mengatakan...

perasaan postingan ini, pernah gue coment..!! *mikir*

Ridwan mengatakan...

saya ectomorph :P

Javas K. Niscala mengatakan...

sama dong kayak aku. sekarang Javas lagi ikutan program penggemukan nih... sering tidur, gak boleh begadang. :)

Javas K. Niscala mengatakan...

hmm... kita samaan ya....
kayaknya tipe yg ini banyak deh! :)

Javas K. Niscala mengatakan...

Selamaaaat, bisa makan sepuasnya tuh! hehehe

Javas K. Niscala mengatakan...

asyik dong! idaman para lelaki tuh! hehehe

Javas K. Niscala mengatakan...

postingan yg sebelumnya kan udah Javas jelasin. belum baca ya....

nih, linknya. :

http://www.ajavasisme.com/2013/01/3-cara-menambah-berat-badan-untuk-tubuh.html

Javas K. Niscala mengatakan...

Amin. ini juga masih diusahan agar secepatnya dapat tubuh ideal, biar gak lama-lama ikut fitnesnya. capek banget ikutan kayak githua. badan sakit semua. hahaha

btw, banyak kok yang punya tubuh gabungan, ada dua tipe terkadang. :)

Javas K. Niscala mengatakan...


Ectomorph.

baca postingan sebelumnya agar bisa dapet tubuh ideal. :)


http://www.ajavasisme.com/2013/01/3-cara-menambah-berat-badan-untuk-tubuh.html

Javas K. Niscala mengatakan...

banyak cara, salah satunya sit up.
kalo utk ngecilin mah gampang, yg utk gemukin itulah yg susah. kayak Javas nih susah gemuknya. :(

Javas K. Niscala mengatakan...

iya, sekarang byk pak polisi yang tipe seperti itu. tp yg tua-tua sih... kl yg muda-muda mah cakep-cakep ya... hehehe

Javas K. Niscala mengatakan...

belum kaleeee....
kl yg kemarin, mungkin. :P

Javas K. Niscala mengatakan...

sama dong!

*pelukaaaan*

ahmad fauzi mengatakan...

gw bingung.... kyaknya gue tipe yg k 3

Shabria Akib mengatakan...

gue gak ada yg mirip sm tu contoh 3,,-_-

UlfakunDL mengatakan...

kayaknya gue termasuh Ectomorph deh bang :|
tapi Alhamdulillah deh, syukurin aja udah syukur masih punya tubuh :) hehe

Putri Serindang Bulan mengatakan...

saya saya saya...lapaaar :D

Riksa Rizki Zetta Adeli mengatakan...

aku endomorph deh=_= pdhl aku jarang makan sih. kadang sehari sekali doang. tapi aku doyan ngemil sampe kenyang ~_~

Eva Dina Lathifah mengatakan...

Pasti gue Mesomorph..

pelangi anggita mengatakan...

wkkwkwkw ;D iya doong aku kan kembarannya aura kasih . #tsaah .

heni nuraeni mengatakan...

gua itu Ectomorph, soalnya gua suka makan tapi gak pernah gemuk huhu

Nazzar Noerza mengatakan...

makasih info nya,,saya berarti tipe ektomorph,,,
pengen nambah gede pantesan susah,,,hehheh tapi bersyukur saja yg penting keliatan atletis saja

Nazzar Noerza mengatakan...

mkasih infonya masbro,,berarti saya tipe ektomorph,,pantesan ja,,gak bisa gemuk,,,
tapi yg penting atletis saj,,
bersyukur dgn apa yg di miliki,,,

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya. Happy blogwalking!