Sabtu, 19 Januari 2013

Kata Hati: Ketika Kau Mendapati Separuh Hatimu Kosong dan Merapuh



Pertama kali Javas penasaran dengan buku ini setelah membaca Heart Emergency-nya Falla Adinda. Beberapa kali cewek itu menyebut sebuah nama, @benzbara, dalam bukunya. Dia adalah artis twitter yang beberapa waktu lalu sering nge-retweet komentar publik tentang buku dia. Javas pernah menjadi follower dia, tapi kemudian menghentikannya karena terlalu banyak tweet yang di-retweet olehnya. Mengganggu.

Oke, hari ini Javas punya Kata Hati karya @benzbara untuk dijadikan review pada hari Sabtu yang cerah ini (postingnya di hari Minggu, speedy dari kemarin gak nyambung mulu.). 

Kata hati adalah novel terbitan Bukune. Novel yang katanya akan segera difilmkan ini mengambil setting kota jogja, kota sejuta cerita, kota yang populer dengan sebutan kota pelajar sekaligus sebagai kota yang masih mempertahankan ke-ndesoannya menjadi keunikan kota tersebut.

Dari segi cerita, novel ini ceritanya sebenarnya cukup sederhana sekali, seputar kisah percintaan remaja. Randi yang susah move on (kayak Javas), dan susah jatuh cinta lagi. Pada suatu ketika dia bertemu dengan fila, cewek yang bisa membuka hatinya lagi setelah sekian lama menutup diri. Ketika hatinya mulai terbuka lagi, kemudian dia di hadapkan lagi dengan kehadiran sosok lama, cewek yang telah membuatnya menutup hati untuk sekian lama. Mantan kekasihnya itu kembali masuk dalam kehidupannya. 

Menurutku ceritanya sih biasa-biasa aja, cuma pemilihan diksinya aja yang menurutku kuat banget. Ditambah lagi dengan bertaburkan kata-kata yang bikin klepek-klepek, sehingga banyak pembaca yang merekomendasikan buku ini di twitter. Jaman-jamanya kan lagi jaman twitter, kata-kata galau memang sedang ngetrent di twitter. dan karena kata-kata galau itu banyak bertebaran dalam buku ini, sehingga banyak pula yang menyukainya.

Oiya, Javas gak punya buku ini lho ya... Javas hanya membacanya aja saat di Gramedia. Setiap kali mencari buku baru di Gramedia, Javas sempatkan diri untuk membaca buku ini. Dan kebetulan sekali, Javas membaca sampai khatam beberapa hari yang lalu. Hebat, kan? pokoknya gak ada tempat yang paling asyik untuk membaca buku selian di toko buku deh!

Ini tentang kisah kehilangan,
ketika kau mendapati separuh hatimu kosong dan merapuh.
Atas nama ketidakpercayaan,
kita telah saling mengucapkan selamat tinggal.
Ketika tak ada lagi yang bisa kau percaya, ikuti kata hati.
Begitu seharusnya, bukan?
Dan, hati ini membawaku kembali kepadamu.
Tapi, kau tak lagi berada di tempat kita dahulu.
Apakah kau telah menemukan separuh hati lain—selain hatiku?

2 komentar:

aseh prakoso mengatakan...

itu yg terakhir kata2 dari bukunya ya kak?bagus, dalem banget

Ami Potabuga mengatakan...

kata-katanya bagus banget :)

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya. Happy blogwalking!