Sabtu, 10 November 2012

Hujan dan Teduh

Kepadamu, aku menyimpan cemburu dalam harapan yang tertumpuk oleh sesak dipenuhi ragu.

Terlalu banyak ruang yang tak bisa aku buka. Dan, kebersamaan cuma memperbanyak ruang tertutup.

Mungkin, jalan kita tidak bersimpangan. Ya, jalanmu dan jalanku. Meski, diam-diam, aku masih saja menatapmu dengan cinta yang malu-malu.

Aku dan kamu, seperti hujan dan teduh. Pernahkah kau mendengar kisah mereka? Hujan dan teduh ditakdirkan bertemu, tetapi tidak bersama dalam perjalanan. Seperti itulah cinta kita. Seperti menebak langit abu-abu.

Mungkin, jalan kita tidak bersimpangan....



***** 

Rada nyesel juga sebenarnya, kenapa saat itu Javas tidak jadi ikut lomba yang diadakan oleh Gagasmedia. Setelah tahu hasilnya rat-rata biasa aja, jadi makin nyeselnya. 

Sebagai fans terbitan Gagas, Javas punya novel Teduh dan Hujan ini gara-gara kepincut tulisan di cover depannya, "Juara pertama 100% roman asli Indonesia." Siapa yang tak tertarik coba kalo melihat tulisan itu di atasnya. Dari ribuan pengirim dan yang ikutan, kemudian tulisan Wulan Dewatra terpilih sebagai pemenang alias juara pertamanya. Dari ketiga pemenang yang dibukukan, Javas punya semua. Yah, Javas memang lagi mengkoleksi sekaligus mencari inspirasi dan model tulisan yang diinginkan oleh Gagas. Kali aja Javas bisa ikutan nulis dan dibukukan seperti penulis-penulis sebelumnya, kan keren tuh! Doakan Javas ya, moga tulisan Javas cepet kelar dan dapat diterbitkan ama Gagas. Abisnya ngebet banget karyaku bisa diterbitkan nih…. 


Hujan dan teduh bercerita tentang tokoh bernama Bintang. Penceritaan dalam novel ini memakai alur maju mundur yang selalu Javas suka. Ceritanya nanti ada kisah SMA dan kisah masa Kuliahnya. Saat SMA, konflik berputar tentang hubungan Bintang dengan seseorang yang dekat dengannya. Hubungan mereka sangat-sangat tidak wajar. Dari ketidak wajara inilah yang menurut Javas novel ini terpilih jadi pemenangnya. 

Kemudian cerita berpindah di masa Bintang kuliah. Ceritanya berputar hubungan Bintang saat menjalin asmara dengan Noval . Sekali lagi, hubungan mereka juga tidak wajar. Sebenarnya kalau sekarang sih wajar-wajar aja, udah jamannya kali ya… tapi menurutku kisah cintanya kebablasan aja kalau sampai terjadi hubungan yang ehm ehm di salah satu kamar kost-annya. Tapi menurutku Wulan Dewatra, saat menuliskannya masih tergolong wajar kok. Gak terlalu vulgar seperti novel dewasa yang pernah Javas baca sebelumnya. 


Secara alur, novel ini gaya penulisannya jarang dijumpai di dalam cerita novel-novel remaja. Bahasanaya masih dapat dipahami dengan mudah dan gak ribet. Meski Javas suka dengan novel ini, tapi sedikit gak suka juga.

Menurut Javas tokoh utamanya, Bintang, sifatnya terasa sangat datar. Sepertinya dia tidak memiliki emosi sama sekali. Kalaupun ada, rasanya tidak digambarkan dengan jelas sehingga susah sekali untuk bersimpati. Dia lebih sering cuek, diam, dan terkesan tidak punya jiwa. Padahal harapan Javas sih dia bisa melakukan apa saja, mengingat dia punya hubungan yang tdak wajar di masa SMAnya. Setahuku, orang-orang yang punya hubungan tidak wajar lebih punya sifat pemberontak dalam kehidupan sehari-harinya. Tapi dalam tokoh ini, sekali lagi dia terlihat cuek dan terkesan dingin. 

Kemudian banyak tokoh yang muncul tapi hanya sekedar nongol aja, tanpa kontribusi apapun di dalam cerita. Si Kaila, yang seharusnya punya peran yang banyak dalam novel ini jatahnya juga sedikit sekali. Padahal Javas pengen tahu lebih hubungan mereka. 

Secara keseluruhan, Javas suka dengan novel ini. Meski sukanya hanya biasa-biasa aja. Tapi dua hal yang Javas suka dari novel ini, hubungan yang tak biasa dan happy ending. Yup, Javas penggemar novel yang happy ending.

****

Judul: Hujan & Teduh
Penulis: Wulan Dewatra
Jumlah Halamanan: 256 hlm
Ukuran: 13 x 19 cm
Harga: Rp43.000


.

43 komentar:

cer mengatakan...

Javas.. aku nawarin sesuatu nih..
jadi pengen digambar ga nih?? XD

ayamSAKIT mengatakan...

entah, tulisan ini gwe rasa mewakili perasaan lu saat ini ya vas. kalo bener. gwe cuman bisa bilang tabah vas

Jue Jaynee mengatakan...

aku doaain juga.. agar javas bisa nulis,bisa keluar bukunya bisa bukunya nyampe malaysia juga

ricoademandana mengatakan...

amankan pertamax

ricoademandana mengatakan...

ya ampun kasian amat abang ini
coba kalo ikut bang bisa mantap tu hahaha

Yan Afta Dino Nyonyo mengatakan...

lah elu sekarang demen resensi buku sob..hehe...
jadi pengen punya dah kalo udah baca resensi kayak gitu....-____-

Rinem mengatakan...

wah kayaknya kamu kebalikan dari aku vas, kalo aku suka ending yang menggantung haha sebab bagi ku novel itu kayak repertoar hidup atau sebuah pementasan teater dengan lakon yang kunjung usai hehehe sok2 an aku

Javas K. Niscala mengatakan...

@Cer:

jadi gak ya....
sebnarnya sih pengen, tapi takut ntar ketahuan wajahku gimn. padahal kan Javas pngn tetep jd rahasia. hehehe

annisaelvas mengatakan...

gue doain ya vas:)
jadi mau beli buku ini deh

Javas K. Niscala mengatakan...

@ayamSAKIT :

tulisan yg mana?
kl yg atassendiri, itu hanya sinopsi novel yang aku baca. :P

Javas K. Niscala mengatakan...

@ Jue Jaynee:

amin....
doakan moga lekas kelar ya...
doakan moga diterima penerbit dan jadi best seller. :) amin.

Javas K. Niscala mengatakan...

@ ricoademandana;

iya, salah langkah kmrn. :(

Javas K. Niscala mengatakan...

@ Yan Afta Dino Nyonyo ;

kalo malam minggu ini sengaja temanya resensi,biar makin variatif. :)

Javas K. Niscala mengatakan...

@ Rinem:

kalo film aku suka yg menggantung, tpkalo novel suka yg happy ending. :)
beda ya...

Bocah Saico mengatakan...

dr td gue baca hubungan yg tak biasa tp gak ngerti tak biasanya dmn .___.
gue sih gak terlalu suka baca novel gitu.__.V
wkwkkk kecuali udah ngena disinopsisnya baru mau baca,.
nanti deh gue nunggu novel lu aja vas :p

Javas K. Niscala mengatakan...

@Bocah Saico:

sengaja aku sembunyiin, kalo pengen tahu, di situ ada ksah cinta cewe ma cewe. makanya gakbbiasa karena ada kisah itu. :)

Javas K. Niscala mengatakan...

@ annisaelvas :

thanks annisa.moga lekaskelar nulisku ya...
moga bisa seceatnya diterbitkan. amin.

sabda awal mengatakan...

bintang itu laki ato prempuan, kok dari namanya terkesan cinta terlarang ya??
noval dan bintang

dya devia mengatakan...

jadi ingin baca juga novelnya...covernya eye catching banget

Ryn Hendra mengatakan...

Dari tadi saya baca sampai habis baru tahu hubungan gak biasanya dari komentar.

Oh, hubungan gak biasanya itu ada kisah cinta cewe sama cewe buat penasaran saja :D.

Resensinya menarik jadi ingin beli (@,@)/. Kisah cintanya itu lo ... :D

Shry Daviid mengatakan...

gue udah baca nih novel vas... keren banget ceritanya. walaupun awal ngebacanya gue sempet nggak ngerti, tapi kelamaan jadi terbawa suasana. keren deh pokoknya.

semoga suatu saat nanti javas juga bisa nerbitiin buku yah. semangat vas! :)

Javas K. Niscala mengatakan...

@sabda awal :

bintang itu cewek.... sewaktu SMA menjalin hubungan dgn cewe pula....

Javas K. Niscala mengatakan...

@ dya devia :

monggoo..... kerenlah pokoknya. :)

Javas K. Niscala mengatakan...

@ Ryn Hendra :

iyeee.... ceritanya ada cewe suka ma cewe... kerenlah pokoknya. :)

Javas K. Niscala mengatakan...

@ Shry Daviid :

amin.thanks doanya ya... moga aja makin semangat nulisnya. :)

cer mengatakan...

iyaa.. km terlalu misterius, dasarr.. -.-

Ditsakus Paleojavanicus mengatakan...

hujan dan teduh, kayanya novel itu kudu gue baca deh.
vas, kapan kapan lo buat buku dong vas :)

Javas K. Niscala mengatakan...

@Cer:

aku mau dibuatin, asal jgn dishare di blog. hanya rahasia antara kita berdua aja. gimn?

Javas K. Niscala mengatakan...

@ Ditsakus Paleojavanicus :

tunggu ya... masih dalam proses pembuatan. moga aja semangatnya full dan gak banyak tugas, jd bisa fokus nulis novel.
doakan moga lancar ya... biar cepet terbit. :) amin

Sunthree mengatakan...

nih novel Keren kayaknya ceritanya, semoga cepet selesai dan beredar sob.

Sunthree mengatakan...

Nih novel kayaknya bakalan bagus ceritanya, semoga cepat selesai dan beredar sob

idean mengatakan...

wah jadi pengen beli juga jaidnya :D

Javas K. Niscala mengatakan...

@ Sunthree :

doakan moga cepet kelar ya...
moga cepet menyapa sobat semua :)

Javas K. Niscala mengatakan...

@ idean:

monggoooo...

Deden Senjaya mengatakan...

Widih, novelnya keren tuh, kalo ada uang kayaknya harus beli deh :)

kapan nih lo bikin novel juga, hehe..

ahmad muazim abidin mengatakan...

ikut mendoakan, nanti kalo udah terbit kirimin satu ya :D

Javas K. Niscala mengatakan...

2Deden Senjaya :

doakan dalam waktu dekat aja novelku cepet kelar ya.... ngebet banget pngn punya novel sendiri nih.... :)
doakan moga lancar, moga diterima ama penerbitnya. amin.

Javas K. Niscala mengatakan...

@ahmad muazim abidin :
amin.... tahnks doanya ya...
jadi semakin bersemangat buat nulis nih...

Bayu P Abuna mengatakan...

wow..
emang keren kayaknya tuh drai covernya aja udah keliatan.

mau jadi penulis ya? moga aja bisa terwujud. Amin.

Iva Mairisti mengatakan...

kenapa gak sad ending aja, aku lebih suka..cklkck

ahmad muazim abidin mengatakan...

@javas harus cemungudt toh ada yg nungguin kiriman buku gratisnya lho

ahahahaha

rozisuicide mengatakan...

njiee yang mau nerbitin buku njiee..
gue juga jadi pengen nerbitin buku nih :)

heni nuraeni mengatakan...

kayanya seru nih ya, coba langsung search ah :)

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya. Happy blogwalking!