Rabu, 28 November 2012

Makna 17 Tahun



Tidak terasa waktu begitu cepat berlalu, tak terasa umur ini semakin bertambah satu tahun. Tahun kemarin, usiaku masih belum genap 17 dan saat ini tak terasa sudah genap 17 tahun. Umur yang tidak lagi bisa dianggap sedikit, tapi juga belum cukup untuk dianggap banyak. Umur 17 tahun tentunya punya makna yang banyak bagi Javas. 17 tahun adalah usia yang bagi sebagian kalangan dianggap sakral. Karena pada usia itu, 17 tahun dianggap sebagai sebuah pintu gerbang perubahan kehidupan dari seorang anak menuju kehidupan orang dewasa.


Masa peralihan anatara masa kanak-kanak menuju masa dedwasan inilah tak jarang ketika memperingati hari tersebut ada kalangan yang merayakannya dengan cara yang mereka anggap istimewa. Mengingat pada usia inilah seseorang akan memulai sebuah kehidupan yang diwarnai kebebasan. Javas sendiri juga dalam memeringati hari jadi tersebut juga turut merayakan, meski tak semeriah sahabat-sahabatku. Sederhana dan penuh makna, itulah tema yang Javas usung dalam perayaan sweet seventeenku kemarin.

Bertambahnya usia tahun ini membuat Javas berfikir lebih bijak karena pada usia 17 ini Javas dituntut untuk lebih bisa berpikir dewasa, mandiri serta matang dalam bersikap dan bertingkah laku. Usia 17 tahun Javas sudah harus berpikir menggunakan rasio serta mulai menyingkirkan ego dalam proses pengambilan keputusan. Sebab, pada usia 17 tahun ini seseorang sebenarnya sedang berada dalam tahap pancaroba pemikiran. Dari yang sebelumnya penuh dengan intervensi dan aturan orang tua, mulai menuju pada kehidupan untuk menjadi mandiri. 

Berdasrkan pengalaman kakak Javas dan beberapa kakak kelasku, usia 17 tahun adalah masa di mana senangnya ingin bermain terus-terusan. Sering berpikir pendek,karena pada masa itu darah muda berada dalam masa yang meledak-ledak, masa pencarian jati diri sebagai remaj yang beranjak dewasa. Meski demikian, pada usia 17 tahun sudah mulai ada beberapa pertimbangan dalam melakukan sesuatutapi memang tidak dapat dipungkiri, usia 17 tahun adalah masa dimana anak-anak sedang nakal-nakalnya.

Beberapa hari ini Javas berusaha mencari-cari tentang makna 17 tahun bagi perkembangan dalam seusiaku ini. Bundaku beberapa kali malah mewanti-wantiku untuk berkali-kali berfikir jangka panjang, bukan hanya berfikir kenikmatan sekejap saja. Waktu adalah sesuatu yang sangat sederhana tetapi berharga. Waktu adalah sesuatu yang paling konsisten. Akan terus maju tak akan pernah bisa mundur. Kalau Javas lengah, penyesalan pastinya akan berada di depan mata. 

Mohon doanya ya, sobat blogger. Semoga dalam perayaan usiaku yang saat ini Javas menjadi lebih bijak dalam bertindak, bijak dalam berfikir dan bijak dalam memandang setiap persoalan yang hadir di dalam kehidupan Javas.




-

15 komentar:

Bocah Saico mengatakan...

cieeee samaan nih sama gue 17 tahun XD #dududu~
happy birthday ya javass . .
temukan jati dirimu sesungguhnya wkwk

Rinem mengatakan...

17 tahun itu enaknya cuma satu, bisa leat film dewasa di atas 17 tahun

Javas K. Niscala mengatakan...

@ Bocah Saico :

kita samaan ya? tp kok lebih tua dirimu. heheheh

btw, makasih ucapannya ya......

Javas K. Niscala mengatakan...

@ Rinem :

masa? sebelum itu Javas juga udah bisa. hehehe

OM Kris mengatakan...

Selamat yah, Semoga makin dewasa,,, dan semakin berani menghadapi dunia yang lebih tua :)

Deya ButterFelt mengatakan...

Wah ada yang ultah nih.

Happy birthday (baca:hepi besde) ys ksk Javas.

17 tahun=dapet KTP. Hehehe

Eva Dina Lathifah mengatakan...

Ga usah dibawa serius deh Vas..
Gue aja udah 19 tahun masih kayak anak kecil gini..
Umur nambah, tingkah nggak berubah..
Dan gue woles aja walopun gini..
HAHAHAHAHAHAHAHA

Ryan Hendra mengatakan...

Wih, ... 17 tahun tho ... gue sudah melewati 20 nih X(

Wah, -__-" seharusnya gue panggil loe Dik Javas ye ... hehehe ... XD

Ya, selamat ulang tahun, semoga sehat selalu, panjang umur, sukses di dunia dan selamat di akhirat. Amin ... (/-,-\)

Javas K. Niscala mengatakan...

@ OM Kris :

makasih ya....

Yoga Shena mengatakan...

gue juga 17 taun :3 hbd vas

Javas K. Niscala mengatakan...

@ Deya ButterFelt :

iya, saatnya cari KTP nih...

Javas K. Niscala mengatakan...

@Eva Dina Lathifah :

seru dong! tapi aku kan cowok. hehehe

heni nuraeni mengatakan...

ciye ciye yg udah 17 thn, kalo gua sih udh 18 tahun hehe .
selamet ya, wish you all the best :D

ahmad muazim abidin mengatakan...

jangan percaya sama omongan sesatnya jomblo @rinem satu ini vas... sesat tuh orang

idean mengatakan...

Gw juga 17 tahun vas. :p

Selamat ulangtahun, sukses terus ngeblognya :D

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya. Happy blogwalking!