Sabtu, 24 November 2012

5 Cm






Karena bentar lagi filmnya akan diputar di bioskop, gak salah kiranya jika Javas kali ini sedikit mereview novelnya yang sudah tenar duluan dan udah dicetak berulang-ulang. 5 Cm adalah novel yang bercerita tentang mimpi, alam, gunung, idealisme dan cinta. Sebuah Novel tentang persahabatan, cinta, pelajaran hidup, dan bagaimana seseorang meraih cita-citanya. Sebenarnya sih bagus dibaca sebagai bahan untuk me-recarge semangat, sebab dengan membacanya, yang hidup akan semakin hidup, dan yang mati mungkin akan hidup kembali. Tapi karena suatu sebab, jadi sedikit berkurang rasa sukanya.



Dalam novel ini karakter tokoh-tokohnya gak jelas dan sedikit-banyak sedikit dipaksakan, terlalu banyak quote dan penggalan lirik-lirik lagu. banyak sekali penggalan-penggalan lirik yang masuk dalam cerita di dalamnya. Selain itu, penjelasan tentang suatu yang sebenarnya sederhana tapi jadi bikin ribet karena penjelasannya yg rumit dan ribet. 


Dari segi cerita, ceritanya sebenarnya sederhana, tentang 5 orang sahabat dan kehidupannya inter personal dan masing-masing. Yang membuat novel ini laris mungkin karena pada teknik penceritaannya yang sederhana, kocak, lucu, tapi tetep nyentuh dan ada romansana Joega. Yunowellah.... Jogja tetaplah punya karisma tersendiri untuk menjadi setting cerita.


5 cm ini mengisahkan tentang persahabatan antara Arial, Genta, Riani, Zafran dan Ian, yang telah mereka jalin sejak mereka masih SMU. Perbedaan yang ada di antara mereka membuat persahabatan mereka makin tambah erat. Tapi seiring brjalannya waktu, akhirnya mereka sampai pada titik kejenuhan dan mereka berlima sepakat untuk tidak berkomunikasi selama 3 bulan. 

Dalam masa jeda inilah masing-masing dari mereka menggunakan waktu untuk melanjutkan hidup dan melakukan kegiatan-kegiatan yang belum mereka selesaikan akibat waktu yang dihabiskan bersama para sahabat. setelah 3 bulan lamanya, Genta berusaha mempertemukan mereka berlima lagi dengan rencana melakukan sebuah perjalanan ke puncak gunung Semeru tanggal 17 Agustus.

Dari perjalanan yang melelahkan itulah, mereka brlima mmperoleh pengalaman yang sangat berharga. Dengan pendakian ke puncak Mahameru itu, Arial, Genta, Riani, Zafran, dan Ian membawa keyakinan, mimpi, cita-cita, dan cinta mereka, yang akan terus senantiasa mereka biarkan menggantung 5 centimeter di depan kening mereka, untuk mereka gapai dan wujudkan. Novel ini meyakinkan pembaca akan berartinya sebuah persahabatan dan mimpi dalam kehidupan. 

Nah, karena dalam nvelnya Javas sedikit tidak suka, ketika novel ini mau difilmkan, Javas jadi penasaran, akan seperti apa film ini. Apakah menarik atau tetep tidak jelas jalan ceritanya. Penasaran? liat saja trilernya yang panjang dan udah memberikan gambaran ceritanya tentang apa. ---->>>
5 cm. [Trailer] <<<------



0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya. Happy blogwalking!