Kamis, 13 September 2012

Nonton Perahu Kertas bareng Someone Special



Hari Minggu kemaren, sepulang acara One Day in English yang diadain di sekolahanku, Javas berkesempatan buat nonton film yang Javas paling tunggu-tunggu selama bulan Ramadhan kemaren, Perahu Kertas. Yup, Perahu Kertas. Film arahan Hanung Bramantyo yang diangkat dari sebuah novel best seller karya Dee ini telah memikatku sampai berhari-hari Javas harus rela menunggu.

Javas nontonnya tidak sendiri, ada someone special yang nemenin Javas buat nonton Perahu Kertas ini. Gak seru kan kalo nonton film bertemakan cinta, tapi nontonnya sendiri? gak banget deh! Tapi Javas pernah lho nonton film sendirian, gak ada teman, apalagi someone special. Tapi itu dulu, dulu banget. Javas aja udah lupa kapan nonton sendiri itu. Tapi yang jelas, nonton sendiri itu gak enak banget! Makanya pas Perahu Kertas ini berlayar, Javas udah cari-cari pasangan buat nonton bareng. Jadi gak sendiri lagi dong!

Tahu gak sih, kalo nonton berdua itu lebih seru? Pokoknya serulah. Yang udah pernah ngrasain pasti tahu gimana serunya. Sebenarnya ini bukan kali pertama sih nonton berdua dengan dia, udah berkali-kali malahan nonton bareng. Kadang film horror, kadang film laga, dan yang paling terakhir kemarin nonton Perahu Kertas ini.  dudududu...

Sebenarnya janjiannya udah lama banget ya... tapi selalu diundur karena belum diputer di bioskop yang sesuai kantong kita-kita (*kantong Pelajar) Pas dia ngasih tau kalo film ini diputer, ternyata Javas sedang di Madura. Jadi gak jadi nonton pas malam minggu dong! heuheu.. tapi gepepe deh, gak bisa malam mingguan, kita kan bisa malam Seninan. Rasanya gak jauh beda, kok. :D

Oke, sekarang review film yang berhasil Javas tonton bareng someone special itu ya... film ini dibuka dengan narasi yang jadi favoritku nih...

“Hai Neptunus, apa kabar di laut biru? Perahu kertas yang kali ini akan membawakanmu kisah tentang perjalanan hatiku…”

Well, Perahu Kertas ini mengisahkan tentang sebuah kisah pasang surut hubungan Kugy (Maudy Ayunda) dan Keenan (Adipati Dolken). Kisah yang bersettingkan kota bandung ini mengangkat kisah anak kuliahan dengan berbagai problematikanya, terutama kisah cinta antara keduanya.

Kugy, gadis cantik yang bercita-cita ingin menjadi penulis dongeng, dia menempuh kuliah di salah satu Fakultas Sastra di kota Bandung. Ia punya kebiasaaan membuat perahu kertas yang kemudian dilarungkannya di sungai. Sedang Keenan, dia adalah pelukis muda berbakat yang dipaksa untuk kuliah di Fakultas Ekonomi oleh ayahnya. Tapi akhirnya dia keluar karena lebih memilih melukis yang menjadi pilihan hidupnya.

Kisah cinta anatara Kugy dan Keenan ini tidak berjalan dengan mulus. Saat pertama kali bertemu, Kugy sedang menjalin kasih dengan Ojos (Dion Wiyoko), pria tampan yang telah ia pacari semenjak SMA. Sedang Keenan, dia sempat dekat dengan Wanda (Kimberly Ryder). Kugy dan Keenan sama-sama saling menyukai dan sama-sama saling menyadari itu tapi keduanya tidak pernah benar-benar bisa saling menyatakan perasaannya. 

Ceritanya pun berkembang dan menjadi semakin rumit karena permasalahn yang diaami oleh para tokoh-tokohnya. Makin seru sih, tapi Javas jadi menebak-nebak karena gak ngerti.

Menurutku film ini cukup menarik ya... tapi partner nontonku yang nemenin nonton film ini justru berkali-kali menguap karena kebosanan. Dari jajaran pemain, jelas, hanya satu pemain aja yang aku kenal dalam film ini, hanya yg memerankan Kugy aja yang Javas tau. Selebihnya Javas tidak tahu. Kalo pun tahu, aku tidak tahu nama mereka karena tidak peduli dengan mereka. 

Dari segi akting, di awal-awal sepertinya Javas belum bisa menikmatinya. Mungkin karena Javas belum membaca novelnya, jadi harus meraba-raba dulu jalan ceritanya. Aktingnya pun ada beberapa yang sedikit tidak natural, tap kemudian mulai sesuai dengan yang diharapkan. Lebih-lebih kesemuanya tertutupi oleh pilihan lagu-lagu yang mengisi film ini dan jalan ceritanya yang mulai menarik. 

Musiknya keren juga lho... gak tau dh siapa yang buat, yang jelas tiap adegan pas aja githu dengernya. Lagu-lagu yang mengiringi juga ada beberapa yang Javas suka, tapi gak tahu judulnya. :(

Oiya, rada susah ya ternyata membuat review filmnya. Lebih enakan menikmatinya daripada menuliskannya. Tapi lebih enakan lagi kalo nontonnya berdua. hahaha

Udahan aja ya... Meski agak telat, tapi gapapa, kan? Karena film ini terbagi menjadi dua bagian, tentu saja tidak begitu bisa menikmati secara keseluruhan. Apalagi yang udah membaca novelnya, pasti banyak yang kecewa. Tapi gepepe deh!

Dan satu hal yang aku suka saat endingnya, kata-kata yang diucapkan Kugy itu lho... sesuatu banget!


“Hai Nus, manusia satu itu muncul lagi. Apa kabar ya dia? Tunggu perahu kertasku ya.. cerita ini belum usai…,”



Oke, kelar nontonnya. Abis nonton, kita kluar bioskop dan nyari tongkrongan buat nongkrong bareng. Masih belum pengen berpisah ceritanya. Ya udah,  kita beli jagung bakar berdua. Ngobrol panjang lebar ampe jam 9 malam, sambil liat kendaraan yang berlalu lalang di jalan raya. abis itu, pulang deh! 

Udah, githu aja cerita nonton barengnya. Yang jelas sih udah sering nontonnya, cuma baru ali ini aja bisa cerita. Maaf untuk para Jomblowan-jomblowati kalo postingan kali ini berdampak buruk dengan suasana hati kalian. Javas gak maksud buat pamer kemesraan, kok. Cuma pengen cerita aja, kalo nonton berdua itu asyik banget. *eh

Kira-kira, nanti akan nonton apa lagi bareng dia ya....  Ada ide?


.

41 komentar:

rambun Pamenan mengatakan...

Kenapa harus mengubar kemesraan ? apapun jenisnya gue gak suka :| #Jomblosirik

Javas K. Niscala mengatakan...

@Rambun:

kyaaaaa..... maap, maaf kepada seluruh jomblo di manapun kalian berada. gak maksud mengumbar kemesraan lho... cuma mau sedikit cerita aja. hehehe *piss

11 Desember mengatakan...

wah jadi pengen nonton tp blm punya psngan huhuhu,

Javas K. Niscala mengatakan...

Cari dunks! kalo mau usaha, gak susah kok nyari pasangan buat nonton bareng. Kalo tetep gak ada yang mau diajak nonton bareng, ajak Javas aja. Dengan sangat berterima kasih sekali, Javas mau dan bersedia. kwkwkw

Em Albar mengatakan...

Wah seru ni pasti filmnya, tak mau cari dulu di google,,,

enak ya kalo punya pasangan...

ngx kayak que jomlo...hehhehehe

nuryhana mengatakan...

heheh iya tu film keren bgt dah, gue nonton sama pacar ku juga hlo.. :)
*kagagjomblo heheh

Javas K. Niscala mengatakan...

@Em Albar:

seru banget filmnya. bioskop kayaknya masih tayang nih... nonton aja, ajak temen ato aku aja, biar gak sendirian.

turut bersedih krn msh jomblo ya... *pukpuk

Javas K. Niscala mengatakan...

@Nuryhana:

Toosss dulu ya.... ternyata kita gak jomblo lagi. hehehe

Chaerul Anwar mengatakan...

Film ini disinyalir merupakan salah satu film Indonesia terbaik tahun 2012. Saya mengagumi film ini dari segi sinematografinya... keren! :)

Javas K. Niscala mengatakan...

@Chaerul:

Yup, persis ama feelingku. Film ini kuat banget sinematografinya. selama nonton film ini, semuanya ndah-indah pengambilan gambarnya. salut banget dah dengan sutradaranya yg pinter banget nerjemahin novel mnjdi karya yang bener2 wah dan apik. :)

nuryhana mengatakan...

heheh .. iya gue muncul lagi di coment loe jav heheh..jav menindak pertanyaan lo yang di FB kemaren yang ini #coba tambahin tombol follow seperti dlm blogger, biar bisa ngikutin blogmu. kan ada tuh fasilitasnya. solanya kbanyakn blogspot, kamu beda sendiri. ya...# nah,,, gimana ya cara nya,, serasa beda sendiri gue.. cara nambahin tombol foolw sptr di bloger.. mksh, hehe *bantu'n ya...

Niar Ci Luk Baa mengatakan...

ciyee javas sama someone, sapa tuh? #kepowati :p

Eeh belum liat, tapi kalau liat juga sendirian deh gag ada temennya #nangis bawah showe :p

Nauval Bahari mengatakan...

aaaaa,.. gak rela. gak rela...
aku kemaren mau nonton film ini. tapi gak ada kawan. Sama sperti yang Javas blg, nonton sendiri itu gak enak.,
skrg film nya udah lewat, nunggu download aja lah. Tapi novel perahu kertas udah masuk daftar hunting-an koleksi bulan ini.

Doain ya smoa film sama novelnya bisa ku dapat :D

Javas K. Niscala mengatakan...

@Nuryhana:

Udah akhu share di group ya....
met mencoba. :)

Javas K. Niscala mengatakan...

@Niar Ci Luk Baa :

Kasih tau gak ya..... kasih tau gak ya...

kayaknya masih rahasia dulu deh! Javas aja masih merahasiaan diri, masa mau sebarin someone spesial sih... hahahha

met nangis ya, ajak Javas aja biar gak sendiri nontonnya. :)

Javas K. Niscala mengatakan...

@Nauval Bahari :

Kalo di bioskop tempatku malah baru diputer. suka telat dia.
biasa sih, bioskop murahan, tiket khusus pelajar githu.... hehehe

moga kedapet novel ma filmnya ya.... :)

Robianus Supardi mengatakan...

Sayangnya gue belum baca novelnya terus filmnya juga bkum dibaca, tp gpplah yg penting gambarannya udah dapat :)

Rediska Amaliawati mengatakan...

Ahhh.. kakak.. aku emang gak jomblo tapi gak pernah ada waktu buat nonton berduaaa.. Sedikit menarik urat nih baca postingan kakak kali ini. Tapi, ikut seneng juga bisa baca kebahagiaan kakak. Have fun :)

Javas K. Niscala mengatakan...

@Robianus:

Tunggu aja di Tv swasta, bentar lagi pasti tayang perdana. hehehe

tapi nontonnya gak seperti nonton di bioskop. lebih berasa gimana githu kalo nonton d bioskop.

Film dalam negri lho.... gak afdol kalo gak nonton di bioskop. kalo film hollywood mah cari bajakannya aja. kwkwkw

*dijitaks distributor film Hollywood*

Javas K. Niscala mengatakan...

@Rediska Amaliawati :

Ops, gak maksud buat manas-manasin lho.... tapi ini fakta lho kalo Javas nonton bareng.

btw, knp gak pernah nonton bareng nih? gak ada waktu ato knp?

*kepo

Yoga Shena mengatakan...

nah vas kalo tulisan elu kyk cerita gini demen gue baca :D gue belum sempet nonton vas.

hmm coba ajak deh ajak doi nntn film gaperlu dibioskop. dilaptop mungkin dalem kamar gitu akakakakaka

Javas K. Niscala mengatakan...

@Yoga:

Yah, gak boleh bawa siapa-siapa ke kamar, jd gak bisa deh!

mau nonton via laptop di tempat umum, gak seru ah!

*cupu*

Ila Rizky Nidiana mengatakan...

belum nonton, dan belum baca bukunya. penasaraaaann >.<

Javas K. Niscala mengatakan...

@Ila:

masa belum nonton? kan situ anak kuliahan. harusnya nonton ma teman-teman dong! hehehe
Met pnasaran ya...

Claude C Kenni mengatakan...

Udah baca bukunya, tapi belom sempet nonton filmnya...hiks...

heni nuraeni mengatakan...

udah baca sih novelnya , tapi blm nonton filmnya nih ..
*nangis di pojokan

Javas K. Niscala mengatakan...

@Claude C Kenni:

kamu sekarang kan udah di China. kira-kira film Indonesia diputer gak ya.... :)

Javas K. Niscala mengatakan...

@heni nuraeni:

Bnayak yg blm nonton juga kok. jangan nangis ya...

*pukpuk

Bayu Putra Abuna mengatakan...

ciye yang lagi nonton sama someone ;)

pengen beli bukunya dulu, masih kurang duitnya baru nonton..

Javas K. Niscala mengatakan...

@Bayu:

Iyalah, masa nonton film cinta-cintaan harus nonton sendiri. gak seru, kan? hehehe

aku pinjem bukunya boleh gak? blm baca nih....

Edotz Herjunot mengatakan...

gue kalo nonton 3gp malah lebih suka sendirian vas :D lebih menjiwai ...

btw, javas udah maem belum ?
javas agi apaah ..
iich javas jahat nnton gak ngajak akkuh :-I

Januarico Alif Darmawan mengatakan...

wah, asyik juga yah kalo nonton ditemenin sama some one special,

apa lagi kalo ditemenin sama nasi goreng special, pake telor...

Javas K. Niscala mengatakan...

@ Edotz Herjunot:

kalo yg format itu Javas juga suka sendirian. gak suka rame-rame sih... heheh

Ummm.. blm maem nih... suapin dong!
kapan-kapan deh kita nonton bareng.

*ngupil*

Javas K. Niscala mengatakan...

@Januarico :

Ops, kmrn lupa gak beli cemilan pas nonton. garing banget dah! hehehe

Husna Barasa mengatakan...

eciyeee bang javas :D enak tak pilemnya bang?

Javas K. Niscala mengatakan...

@Husna:

baguslah... mesti tonton nih film :)

Ditsakus Paleojavanicus mengatakan...

gue belum pernah nonton tapi gue udah abca novelnya. dan emang bagus nih film :))

Javas K. Niscala mengatakan...

@Dits:

Nonton ma Javas, yuk! pengen nonton lagi nih.... :)

Fian Syauqi mengatakan...

hai javas, anda membuat saya iri yang udah bbrapa tahun nggak nnton bareng someone special !!!
wkwkwkw...
kalau aku download aja deh kayaknya vas film ni, tunggu beredar diinternet :P

Awi Metalisa mengatakan...

gue jadi pengen nonton itu film T___T tapi paling sampenya di bioskop kota gue waktu filmnya udh kadaluarsa :|

Iva Mairisti mengatakan...

ciee cieee yang nonton bareng,,,sma siapa tuh hayooo,,,enak ya bisa nonton sama some one,,saya aja udah tua begini belum pernah #jleb -____-'

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya. Happy blogwalking!