Kamis, 20 September 2012

Kunci Motorku Hilang di Parkiran tapi Aman




Pernah ngalamin kehilangan kunci sepedah motor? Javas pernah. Jangankan kunci sepedah motor, kunci hati aja pernah ilang. hehehe

Ceritanya setahun yang lalu, ketika ada acara pameran mading terbesar di Jawa Timur sedang di helat di salah satu mall terbesar di Surabaya. Saat itu Javas lagi datang sendiri karena timku udah di tempat. Javas datang sendirian, bawa motor pula.

Ngikutin acaranya sih asyik-asyik aja, baru lemes ketika di parkiran, mau pulang. Udah ngrogoh di semua saku, gak nemu. Mulai saku celana, baju ampe saku jaket pun tetap gak nemuin kunci sepedah motorku. Tas ranselku juga gak luput dari pemeriksaan. Tapi tetep gak nemuin kunci motorku. Kemudian Javas SMS teman-temanku yang masih di lokasi pameran, ada yang melihat kunciku tidak. Hasilnya juga nihil.


Masih gak percaya juga dengan jawaban teman-temanku, Javas balik lagi ke tempat pameran. Jalan yang Javas lewatin, Javas plototin.  Beli tiket masuknya lagi ke ruang pameran, Javas lakuin demi menemukan kunci sepedah motorku. Tapi tetep aja gak nemu.

Setelah gak nemuin di ruang pameran mading, Javas balik lagi ke parkiran. Mencoba mencari-cari di sekitar parkiran motorku, tetap aja gak nemu. Kemudian aku telpon rumah, ngasih kabar kalo kunci sepedah motorku hilang. Harapnku sih kali aja ada kunci lainnya yang bisa dianterkan ke parkiran mall itu, tapi apesnya, ternyata kunciku udah tidak ada kunci lainnya. Kunci yang aku pegang adalah kunciku satu-satunya. Makin lemes aja deh Javas dibuatnya. Mana rumah jauh banget.

Karena udah gak ada ide lagi buat keluar dari parkiran bawa motor, dengan gontai Javas berniat ke Satpam parkiran mall mau bikin laporan kehilangan. Kali aja tukang satpam ngijinin motorku nginap di parkiran sambil nunggu aku panggil ahli kunci buat ngebikin kunci duplikat.

Saat mau ngelangkah gontai ke tempat satpam itulah tiba-tiba ada laki-laki berjaket ngedekatin Javas. Mungkin dia kasihan melihat tampangku yang mau nangis nyari kunci yang hilang. Sebenarnya Javas tahu sih kalo dia sedari tadi merhatiin Javas, tapi Javas cuek. Pura-pura gak liat, takut kalo dia malak Javas. Saat dia mendekat, Javas udah deg-degan lebih dulu tuh! dalam pikiran udah berpikiran yang enggak-enggak aja. Tapi ternyata prasangka Javas salah. Dia mendekat bukan buat malak Javas, tapi mau bantuin Javas.

"Kenapa, dik?"

"Kunci motorku ilang, mas."

"Ditaroh dimana emang?"

"Di kantong."

"Motormu apa?"

Kemudian Javas tunjukin motorku.

"Oh, yang itu...." kemudian dia ngerogoh saku celanaya. Dia ngeluarin puluhan kunci dari sakunya dan memilih satu kunci bergantungkan besi ke Javas.

"Ini kuncimu?"

"Kok di tangan mas?"

"Tadi aku nemuinnya tertinggal di motor. Daripada diambil orang, aku selamatkan." kemudian dia mendekat ke Javas. "Aku bukannya mau meminta-minta, tapi kalo bisa, ada balas sajanya ya..." katanya sambil tersenyum.

"Mau ngasih sberapa pun boleh kok, seihlasnya." tabahnya.

Javas yang semula udah lemes dan mau nangis, seneng dong ngliat kunci motorku kembali. Tanpa berpikir panjang, aku serahin uang 10 ribu buat balas saja. Lagian ini juga keteledoranku, lupa ngambil kunci pas buka bagasi motorku. Setelah ngucapin banyak terima kasih, Javas langsung ngiprit, kabur dari parkiran.

Ah, lega rasanya kunci motorku gak jadi hilang. Coba kalo ilang beneran, mana bisa Javas balik ke rumah. 

Setelah kejadian itu Javas jadi tidak takut lagi kalo kehilangan kunci lagi di parkiran mall. Secara biasanya ada orang-orang tertentu yang memanfaatkan ke-alpaan seperti itu menjadi lapangan bisnis yang menjanjikan. Kalo dalam sehari ada 5 kunci yang tertinggal, berapa duit yang di dapat? tinggal mengalikan saja jika kunci yang tertinggal itu dihitung selama sebulan. Dijamin, para pencari kunci tertinggal ini akan terjamin ekonominya. hehehe

Tapi Javas seneng lho dengan adanya mereka. Paling tidak kunci yang tertinggal bisa kembali ke tangan, was-was karena tindakan pencurian hilang dengan kehadiran mereka. Yang jelas, Javas sebagai anak pemilik kebiasaan sering lupa menaruh segala sesuatu, terutama kunci, jadi terbantu dan tidak khawatir lagi.

Kalo parkiran mall di tempatku seperti itu, bagaimana parkiran mall di tempatmu?

26 komentar:

Chaerul Anwar mengatakan...

Saya pernah mengalami kejadian seperti ini 2X, namun posisi saya sebagai yang mendapati motor terparkir dengan kunci yang masih tertanam. Saya cuma bisa geleng2 ajah.. mungkin ni orang saking punya banyak motor jadi motornya yang ini dicuekin ajah :D

Javas K. Niscala mengatakan...

@Chaerul:

Sebenarnya bukan dicuekin. faktor lupa dan faktor terburu-buru ingin masuk mall mungkin jadi sebabnya.

Utk saat ini Javas sih kasih gantungan kunci segede Gajah biar keliatan kalo tertinggal dan tertanam di motor. takut kelupaan lagi. :)

Robianus Supardi mengatakan...

Gak kebayang deh Vas ekspresi lo pas lagi nyari, pasti tegang banget.

Tp gak apa-apa lah yg penting kuncinya aman :))

Javas K. Niscala mengatakan...

tidak hanya tegang, mau nangis jugak. hehehe

Iva Mairisti mengatakan...

waaahhh ayik juga lau ad org kyk gt,,,kykny disini belum ada,,besok saya mau deh kerjaan kyk gtu,,klau ada 10 motor brarti 100 bru kan lumayan,,,halal pula dari pd nyuri tuh motor ,wkwkwk :D

Mr. Andry mengatakan...

syukur deh nggak jadi ilang kunci beserta motornya...

rozisuicide mengatakan...

cieee yang pernah kehilangan kunci motor juga :)

Javas K. Niscala mengatakan...

@Iva:

emang mau? tapi kudu izin petugas parkir ya.... kalo kelamaan di tempat parkir, dikira situ mau nyolong motor di parkiran lho...

Javas K. Niscala mengatakan...

@Mr Andry:

Bersyukur banget....
udah mau mewek pulak! hehehe

Javas K. Niscala mengatakan...

@rozisuicide :

Kejadiannya setahun lalu, baru cerita sekarang. abis baca tulisanmu, jd pngn berbagi kisah juga. :)

Putri Serindang Bulan mengatakan...

prok prok prok :D

Nauval Bahari mengatakan...

oo jadi itu kuncinya ilang ecek-ecek aja ya?
bukan ilang beneran. wokwok

udah mau nangis di dalem jok gitu masih aja ngeles bilang kalo itu kunci bukan ilang beneran.
dasar anak muda :D

Bayu Putra Abuna mengatakan...

untung aja ada yang baikan, gue juga pernah lupa cabut kuncinya motor, yang parahnya lagi itu hari pertama kuliah

UlfakunDL mengatakan...

wah bisa jadi inisatif nih buat Mall-mall di Palembang, dari info yang aku tau sih kalo disini kalo ada kunci yang tinggal dimotor ato dimana gitu ga mungkin dibalikin malah mukjizat kalo dikembaliin. Beruntungnya anda~~

Yoga Shena mengatakan...

aih itu satpam gak iklas x bantu haha -___- tp kalo dia bawa banyak kunci, otomatis kalo ada yg gak minta berarti dia bawa pulang dong

Ditsakus Paleojavanicus mengatakan...

gue kirain tuh orang ikhlas ngasihnya tanpa imbalan, eeeh ternyata .. :|
syukur deh kunci motor lo udah ketemu :)

Fian Syauqi mengatakan...

haha untung deh selamat vas..
biasa itu kalau yang nemu minta imbalan.. yg penting motor selamat...

aku udah lebih 10x hilang diparkiran koncinya. dan selamat terus kok. tapi ada 1x yg udah ditangan maling. untung satpamnya tegas..

Muhammad Rudiansyah mengatakan...

Wahaha ;) pernah juga gue kehilangan Hp di parkiran .. untung aja tukang parkirnya nyimpenin :) yg namanya orang baik, ada aja kok sertifikat keamanannya ;) #eh?

heni nuraeni mengatakan...

baik ya ada org kya gt, kalo di tempat gue sih kaga ada ..

Javas K. Niscala mengatakan...

@Nauval Bahari :


cowok, jaga imej donk! hehehe

Javas K. Niscala mengatakan...

@Bayu Putra Abuna :

tp gpp, kan? kuncimu gak ilang, kan?

Javas K. Niscala mengatakan...

@UlfakunDL :

iya, tidak semua mall lho....
kemungkinan kmrn pasada acara pameran mading sejawa timur, jd seperti itu.
bisadicoba

Javas K. Niscala mengatakan...

@Yoga Shena :

mungkin... tapi kayaknya sih emang dia sengaja nyari nafkah disana. soalnya jaga terus dia :)

Javas K. Niscala mengatakan...

@Ditsakus Paleojavanicus :

tapi untunglah ada yg ngembaliin. soalnya udah gak punya duplikatnya. :(

Javas K. Niscala mengatakan...

@Fian Syauqi :

aku baru sekali itu. mau nangis pulak. hehehe

Javas K. Niscala mengatakan...

@heni nuraeni :

kasian ma aku kali ya.... hehehe abisnya mau nangissih...

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya. Happy blogwalking!