Senin, 20 Mei 2013

Imaginaerum (Movie Review)


Hari Minggu kemarin gak ada kegiatan yang berarti, seharian hanya duduk manis aja di dalam kamar dan nonton film sepuasnya. Sebenarnya sih kagak ada niatan buat berdiam diri seharian hanya untuk nonton film, tapi karena lagi males mau ngapa-ngapain jadinya ya buka-buka file film di leptop aja.

Gak banyak sih koleksi filmku, hnaya beberapa aja. Dan hari ini Javas ingin sedikit berbagi cerita tentang film yang kemarin Javas tonton di kamar, sendirian. 

Adalah Imaginaerum, sebuah film yang menceritakan kisah seorang komposer tua, Tom, yang menderita demensia berat. Karena ia telah memiliki penyakit selama bertahun-tahun dan telah mengalami kemunduran ke masa kanak-kanak, ia jadi tidak ingat praktis akan kehidupan dewasanya. Musiknya, teman-teman, semua masa lalunya termasuk memori putrinya adalah berlahan-lahan menjadi blur atau menghilang dalam ingatannya. Akibat dari penyakitnya ini, Tom menjadi berimajinasi menjadi imajinasi seorang anak berusia sepuluh tahun. Dalam keadaan koma, pikirannya melayang-layang jauh saat dia menjadi anak kecil lagi. 

Film ini adalah perjalanan antara dua dimensi yang berbeda. Tom perjalanan melalui dunia imajinernya mencari jawaban dan menemukan kenangan, sementara putrinya, Gem, mencoba untuk memulihkan ikatan bahwa dia pernah bersama dengan ayahnya di dunia nyata. Akibat penyakit Tom inilah hubungan anatara ayah dan anak ini menjadi saling berjauhan.

Sedikit info, Imaginaerum adalah salah satu film yang akan membuat sobat blogger bingung untuk satu jam pertama saat menontonnya. Potongan-potongan kenangan dari Thomas Whitman akan membingungkan sobat blogger dan memberikan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban. Kuartal terakhir dari film akan menawarkan beberapa penjelasan, namun sebagian lagi akan tetap menjadi rahasia dalam kehidupan Thomas Whitman yang membuat sobat blogger berimajinasi sendiri setelahnya.

Spesial efeknya indah, tetapi tidak dapat bersaing dengan film-film Hollywood dengan anggaran multi-juta dolar. Peran mereka cukup baik, meski beberapa dari mereka terlihat tidak meyakinkan. 

Secara keseluruhan, film ini sangat menyentuh sekali jika sudah memahami jalan ceritanya. Yang Javas suka dari film ini adalah sobat blogger benar-benar harus berpikir dan mencoba untuk mengidentifikasi beberapa karakter di dalamnya.

Pesan yang ingin disampaikan dalam film ini adalah tentang menghargai kehidupan dan bahwa kehidupan itu indah, termasuk segala imaginasi dan segala hal–hal buruk yang harus dihadapi. Keren deh pokoknya!



13 komentar:

Rita A mengatakan...

wah..film yg bagus sepertinya...
aku jarang sih nonton film..
soalnya hari libur dihabiskan dengan istirahat dan beres2 rumah...

film yang penuh teka teki sepertinya ya vas...
tapi dia berimajinasi seperti anak kecil itu karna penyakit kan ya??

ghe'ardy mengatakan...

Lebih, biin bingung film ini atau film alice in the wonderland?

andy langit mengatakan...

wah pdahal kmren mo nton ini, tp gk jd....

Kukuh Kurniawan mengatakan...

ini film baru vas?
kok aku baru tau ya?

Ami Potabuga mengatakan...

sepertinya ni film bagus :)
berhubung sy agk lemah dlm analisis karakter jdnya sy lbih suka menganalisis crita.

annisaelvas mengatakan...

kayanya mau nnton fast 6 sama bronto dulu baru beli dvd nya ini hihi

Eva Dina Lathifah mengatakan...

aku suka film yang bikin bingung kayak gini..
film yang bener2 bikin penontonnya mikir..
entar mau cari deh film-nya..

Meykke Santoso mengatakan...

yah Vas, dunia kita beda kalo dalam kek giniii..aku sukanya romance movie, tiap liat kayak gini nggak nyampeeek..hehehe

Iva Mairisti mengatakan...

keren kayaknya, tapi kok jelek gitu gambarnya, serem, aku gak suka yg serem2,, hihi

erickparamata mengatakan...

Wahh harus ditonton nihh,, gue suka film yg bikin bingung, jadi jalan ceritanya gak gampang ketebak..

空キセノ mengatakan...

Emang bagus ya ceritanya? Di IMDB rating-nya cuma 5.7 jadinya nggak pernah tertarik nonton.

:(

Fian Syauqi mengatakan...

ane nonton korea aja deh..hahaa

pelangi anggita mengatakan...

Oh javas suka nonton film ky gini juga ya?

Kirain javas sukanya nonton film biru aja wkwk :p

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya. Happy blogwalking!