Kamis, 28 Februari 2013

Aktifitasku di Pagi Hari


Hari ini Javas gak pengen buat fiksi mini lagi. Lagi pengen cerita tentang aktivitasku di pagi hari nih... gak papa ya kalo Javas cerita tentang aktifitas Javas di pagi hari. Sedikit sharing aja, kali aja ada beberapa yang aktifitas kita sama, dan semoga aja malah memberi inspirasi bagi pengunjung blogku ini.

Well, Javas akan buat daftar aktifitasku di pagi hari nih...

1. Minum air putih

Yup, hal pertama yang Javas lakukan setiap bangun tidur adalah minum air putih. Kenapa harus minum air putih di pagi hari? jawabannya karena banyak manfaat dari kebiasaan itu. Apa saja? 

Pertama, Minum air di pagi hari akan membuat sistem limfa menjadi seimbang. Kelenjar limfa sangat berguna bagi kegiatan sehari-hari, menyeimbangkan cairan dalam tubuh dan melawan infeksi. Kedua, Minum air di pagi hari akan membuat kulit lebih bersinar. Air akan membantu membunuh racun dalam darah sehingga kulit menjadi lebih sehat. Ketiga, Minum air di pagi hari akan menurunkan berat badan. Minum sedikitnya 500 mililiter air akan meningkatkan metabolisme sampai 25% di pagi hari. Keempat, Minum air di pagi hari akan meningkatkan produksi darah yang baru dan juga sel-sel tubuh baru. Kelima, Minum air di pagi hari saat perut masih kosong akan membersihkan usus sehingga usus bisa lebih mudah menyerap nutrisi. Selain itu, minum di pagi hari juga mencegah mulut terasa kering sewaktu bangun pagi.

Nah, banyak banget kan manfaat minum air putih di pagi hari. Kamu kudu praktikkin juga ya, biar sehat.

2. Sholat Subuh

Aktifitas kedua yang Javas lakukan ketika pagi hari adalah Sholat Subuh. Sholat subuh ini memiliki manfaat bagi kesehatan. Menurut dari sumber yang Javas baca, manfaatnya terletak pada waktunya dan gerakan sholat subuh. Banyak yang masih meremehkan waktu sholat subuh. Banyak yang beralasan karena waktu terlalu pagi, masih mengantuk, dan udara yang dingin. Nggak muna juga sih, Javas memang kadang males juga buat sholat subuh. Tapi begitu melihat manfaatnya bagi tubuh, jadi mikir dua kali nih buat males-malesan. 

Saat kita bangun di pagi hari menjalankan sholat, tubuh akan aktif menaikkan kadar zat NO (suatu zat yang ada pada sel pembuluh darah untuk melebarkan kembali pembuluh darah) dalam tubuh. Gerakan-gerakan yang dibangun pada pagi hari membuat produksi zat NO naik lebih cepat sehingga mencegah darah membeku karena efek agregasi tombrosit berkurang. Manfaat ini tentunya dapat mencegah serangan jantung dan semacamnya itu lho...

3. Boker 

Nah, aktifitas ketiga setelah sholat subuh adalah Boker. Pasti sobat blogger sering bertanya-tanya, mengapa di pagi hari kita sering merasa mulas dan ingin buang air besar? atau mengapa pada siang hari kita merasa lemas, ngantuk dan butuh tidur siang? 

Menurut ilmu Traditional Chinese Medicine (TCM), ada 12 organ utama dalam tubuh kita, yakni paru-paru, usus besar, lambung, limpa, jantung, usus kecil, kantung kemih, ginjal, selaput jantung, tiga pemanas, kandung empedu, dan hati.Setiap Organ tubuh memiliki waktu piket. 

Ada masa organ-organ tersebut bekerja maksimal dan minimal, sebagai berikut:
  • Paru-paru bekerja maksimal antara pukul 03.00-05.00. Minimal pukul 15.00-17.00
  • Usus besar bekerja maksimal antara pukul 05.00-07.00. Minimal pukul 17.00-19.00
  • Lambung bekerja maksimal antara pukul 07.00-09.00. Minimal pukul 19.00-21.00.
  • Limpa bekerja maksimal antara pukul 09.00-11.00 Minimal pukul 21.00-23.00.
  • Jantung bekerja maksimal pukul 11.00-13.00. Minimal pukul 23.00-01.00
  • Usus kecil bekerja maksimal pukul 13.00-1 5.00. Minimal pukul 01.00-03.00.
  • Kantung kemih bekerja maksimal pukul 15.00-17.00. Minimal pukul 03.00-05.00.
  • Ginjal bekerja maksimal pukul 17.00-19.00. Minimal pukul 05.00-07.00
  • Selaput jantung bekerja maksimal pukul 19.00-21.00. Minimal pukul 07.00-09.00
  • Tiga pemanas bekerja maksimal pukul 21.00-23.00. Minimal 09.00-11.00
  • Kandung empedu bekerja maksimal pukul 23.00-01.00. Minimal pukul 11.00-13.00
  • Hati bekerja maksimal pukul 01.00-03.00. Minimal 13.00-15.00
Tidak heran bila pada waktu-waktu tertentu banyak orang melakukan kegiatan yang sama. Buang air besar banyak dilakukan antara pukul 05.00-07.00, saat daya kerja usus besar sedang maksimal.

Oleh karena itu, jangan biarkan lambung bekerja tanpa ada bahan di dalamnya. Bisa kembung dan banyak gasnya bila pada pukul 07.00-09.00 perut tidak diisi makanan.

4. Sarapan

Satu hal yang selalu Javas lakukan sebelum berangkat sekolah adalah, Sarapan. Manfaat sarapan pagi bagi anak sekolah seperti Javas ini tidak bisa tergantikan dengan makan pada siang hari bahkan malam hari. Kenapa? Karena sarapan pagi merupakan salah satu cara untuk memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh agar bisa beraktifitas seharian.

Selain itu, Javas juga menemukan beberapa fakta mengenai manfaat sarapan pagi bagi anak, yaitu:
  • Dengan memberikan sarapan bergizi dapat membantu anak-anak lebih fokus pada pelajaran di sekolah.
  • Anak-anak bersemangat dalam melakukan berbagai aktivitas di pagi hari karena kebutuhan energi terpenuhi.
  • Sarapan adalah salah satu tindakan pencegahan agar anak-anak tidak mudah sakit seperti sakit perut, maag atau pusing.
  • Dengan sarapan pagi berarti memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang untuk tubuh.
  • Memberikan nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan tubuh.
  • Sarapan dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak-anak, terutama jika diberi sarapan sehat dan bergizi.
Demikianlah daftar aktifitas Javas setiap paginya. Bila ada kesamaan ato apalah namnaya, intinya aktifitas itu tentunya memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita.

18 komentar:

Risah Icha Az-zahra mengatakan...

3 doang? kalo aku setelah ke tiga itu ada aktifitas selanjutnya, yaituuuuuuuu...... TIDUR LAGIIII...... Hhahaha
secara pengangguran..

Teguh Budi Santoso mengatakan...

Kalau aku bangun tidur biasanya berkumur dulu terus minum air putih. Nah setelah itu baru boker dan mandi :D.
Seteah mandi kelar barulah sholat shubuh. Takutnya kalau sholat dulu tiba-tiba pas ruku mules.

Robianus Supardi mengatakan...

Hampir sama sih kebiasan gue sam Lo, cuma gue gak selalu boker, dan jareang makan pagi

Elyna Fazriyati mengatakan...

itu yang no 3 aku ga mesti pagi -__-
tapi kalo sarapan itu WAJIB :D

Javas K. Niscala mengatakan...

*cetaaaaaaaarrrrrrr!!!

Javas K. Niscala mengatakan...

Hmmm.... aku kalo mimpi basah aja mandi sebelum sholat subuh. hehehe

Javas K. Niscala mengatakan...

kalo gak boker, apa gak sakit perut tuh???
kalo sarapan mah kudu tiap pagi. bisa gak ada tenaga kalo gak ikutan sarapan. :)

Javas K. Niscala mengatakan...

Iya juga sih.... tapi aku biasanya tiap pagi sakit perut. dah kebiasaan kali ya...

diniehz mengatakan...

kalo saya ditambah: memandangai wajah suami hihihi

Dwi Kresnoadii mengatakan...

Ih, habis minum air putih langsung solat. Ngga suci!

munir rinem mengatakan...

wah gua curiga kayaknya elu ga pernah mandi ya. hahah kok ga d tulis

Iva Mairisti mengatakan...

masa iya mengurangi berat badan minum air putih tuh vas??
btw itu sebelum sarapan kagak mandi atau gosok gigi dlu apa? hehehe polos banget ya gw?? -_______________-'

Nauval Bahari mengatakan...

kalo aku Vas, ada tambahan lagi.
yaitu nonton Spongebob wkowkowko :D

Javas K. Niscala mengatakan...

dah bersuami?

*barutahu*

Javas K. Niscala mengatakan...

kalo wudlu mah gak usah ditulis kaleee... kan itu syarat sahnya sholat. :P

Javas K. Niscala mengatakan...

mandi mah kudu dan harus. masa harus ditulis segala?

Javas K. Niscala mengatakan...

iya, minum air putih tuh bisa ngurangi berat badan lho...

gosok gigi mah harus. gimana rasanya bau mulut kalo gak gosok gigi. :)

Javas K. Niscala mengatakan...

makanyaa wajahnya kakak mirip dia. kwkwkkwkw

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya. Happy blogwalking!