Minggu, 24 Februari 2013

Senior High Stress (Review Buku)


Udah menjelang pagi, tapi mata ini gak mau nurut buat mejamin mata aja. Mungkin karena AC terlalu dingin kali ya, jadinya malah menggigil, dan efeknya malah gak bisa tidur. Karena udah ngusahain buat merem tetep aja kagak bisa, daripada muncul pikiran yang enggak-enggak khas cowok pada umumnya, kayaknya lebih asyik kalo bikin tulisan di blog aja. Sadar dirilah, beberapa hari ini emang lagi males banget kayaknya mau bikin postingan.

Hmm... kali ini Javas kayaknya mau bikin postingan review buku aja deh! dan beberapa minggu ini kayaknya rubrik review buku kosong, gak ada isi karena lagi males bikin postingan. Dan buku yang beruntung kali ini adalah Senior High Stress karya Yoga Cahya Pratama. 



Buku genre komedi ini pernaha Javas singgung dalam postingan terdahulu. Dan kali ini buku ini berhasil mencuri perhatiaanku berkat covernya yang ciamik, serta cuplikan cerita di cover belakang yang berhasil membuatku terpingkal-pingkal. Berkat dua cara itulah buku ini udah berhasil maksa uang dalam dompet melayang ke meja kasir di Gramedia hari Kamis kemarin.

Buku ini berisi cerita pengalaman seru selama menjadi seorang siswa di SMA. Kenapa harus masa SMA, bukan SMA? menurut penulisnya sih karena yang dia tahu adalah kisah kasih di SMA, bukan SMK. Jadinya dia memutuskan untuk melanjutkan sekolah di SMA hanya karena alasan itu, bukan karena ikut-ikuta n teman, apalagi sekedar coba-coba.

Sebagai buku komedi, buku ini memang berhasil membuat pembacanya terhibur dengan cerita-cerita di dalamnya. Dan Javas sendiri yang saat ini masih berstatus siswa SMA di Surabaya pun juga terhibur karenannya. Selain ceritanya yang familiar, hampir semua pelajar mengalaminya, cara penilisannya pun cukup menarik. Ditambah lagi dengan layout buku yang bagus, buku ini menjadi buku  komedi favoritku.

Cerita yang Familiar

Seperti yang udah Javas bilang tadi, buku ini sangat familiar. Cerita-ceritanya berdasarkan kisah nyata penulisnya yang dikemas menjadi kisah yang menarik berkat kenyolan khas remaja SMA. Sebagai seorang pelajar, kisah yang ada dalam buku ini memang sering banget ditemui dalam kehidupan nyata. Berkat kefamiliarnya ceritanya, buku ini emang pas banget buat hiburan kalo lagi stress.

 


Layout Ciamik, Ilustrasi Menarik

Selain cerita yang menarik, buku ini juga didukung dengan layout yang apik. Apiknya layout buku ini membuat pembaca, khususnya Javas, merasa nyaman membaca setiap lembar dalam buku ini. Ditambah lagi dengan ilustrasi yang ditambahkan dalam beberapa cerita, menambah satu plus lagi dari buku ini.

 
 Yup, menurut Javas buku ini sangatlah menarik. Cocok banget buat hiburan kalo lagi suntuk. Meski Javas gak suka-suka amat dengan cerita komedi, tapi beberapa part dalam buku ini berhasil mencuri perhatianku. Saking sukanya, dalamsemalam buku ini berhasil tamat tanpaa tersendat-sendat.

Kalo gak percaya buku ini ceritaya menarik banget, berikut cuplikan cerita yang ada di cover belakangnya:

Masa SMA itu… penuh kenangan. Bisa gila-gilaan di sekolah, joget-joget di depan kelas saat jam pelajaran kosong, sengaja enggak manggil guru yang lupa jadwal, hingga ngadem di kantin. Tiga tahun SMA itu… keren. Gue sadar betapa beratnya jalan untuk lulus itu, proses mencari nilai terbaik dan kawan terbaik gue lakuin selama 3 tahun….
“Bisa main gitar? Kita mau bikin band tapi kurang buat melody....”
“Aduh, gue enggak lancar main gitar, cuma bisa kunci dasar, hehe....”
“Jadi, bisanya main apa? Drum? Keyboard?”
“Gue bisanya main suling.”
*Besoknya gue enggak punya teman.*
Gue main ke kelas lain dan ternyata wajah anak band kembali menipu anak-anak yang pengen buat band.
“Eh, lo bisa main gitar enggak? Bikin band yok!”
“Aduh... gue enggak bisa main gitar, tapi gue biasa di posisi bass.”
“Bassist maksudnya? Latihan yok siang ini. Enggak apa-apa deh biar gue aja yang jadi gitaris, lo bassist.”
“Iya... gue biasa di posisi Bass, Bantu Angkat Sound System”
“....”
*Dan, gue makin enggak punya teman.*

Btw, sewaktu di Gramedia kemarin Javas sempet mengabadikan buku ini bersama 2 buku lain yang temanya senada. Dua buku sebelumnya pernah Javas buatkan reviewnya, meski hanya sekilas saja. 3 buku ini apikya? penulisnya ada di group Blogger Energy lho... Udah ada yng mengkoleksi dari 3 buku ini?


Senior High Stress
Yoga Cahya Putra
Harga : Rp.34.000,-
Ukuran : 13 x 19 cm
Tebal : 208 hlm
Cover : Soft

8 komentar:

ahmad muazim abidin mengatakan...

gua belum punya satupun dari ketiganya vas...

dari sekelumit isi buku yang ada dibelakangnya, nampaknya bagus jalan cerita shs ini

ahmad fauzi mengatakan...

Wah, gue belom pernah beli bukunya tughh ..... Kyaknya keren yak.
Wah, laen kali kalo nggak bsa tdur ad ac. Mnding tdur d ruang tamu. *plakkkk

Ryan Hendra mengatakan...

Akhirnya bisa di akses juga ini blog :D

itu koleksi buku mu banyak sekali (@,@) ?.

Wah, ilustrasinya seperti yang saya pikirkan, buku ini pasti bagus. Dari covernya saja sudah kelihatan.

Amira Rachmatillah mengatakan...

hmmm nanti klo ada uang cari buku lagi ahh

Javas K. Niscala mengatakan...

Banget. banyak pilihan ceritanya yg juga menarik utk dibaca lho.... beneran gak nysel baca buku ini. hehehe

Javas K. Niscala mengatakan...

kalo di ruang tamu, banyak nyamuk dong! digigitin nyamuk malah gak bisa tidur. :)

Javas K. Niscala mengatakan...

iya, ada beberapa koleksi sih... tapi kebanyakan adalak fiksi githu deh! ;)

Javas K. Niscala mengatakan...

met menabung ya....

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya. Happy blogwalking!