Selasa, 12 Maret 2013

Ya Ampun, Sudah SMA Masih Ngompol?


Sebenarnya Javas cukup malu untuk menceritakan pengalaman ini, tapi jika disimpan saja, sayang rasanya. Kali aja dengan membaca postingan ini akan ada lebih bnayak lagi orang yang tahu dan terselamatkan dari rasa malu. 

Iya, rasa malu. Javas cukup malu sangat untuk menceritakan ini, tapi kembali ke tujuan awal, semoga postingan ini memberikan manfaat lebih banyak, jadinya Javas kudu berbagi. 

Jadi ceritanya begini.....


Semalam, Javas ngimpi kencing. Nah, ternyata tidak hanya terjadi dalam mimpi saja, di dunia nyata Javas juga bener-bener kencing. Tahu kan kalo mimpi kencing trus dalam kenyataannya juga kencing? keadaan seperti itu yang dinamakan NGOMPOL. Jangan bilang sobat blogger tidak tahu apa itu artinya ngompol? sewaktu kecil dulu, tentu pernanh ngalamin juga kan?

Nah, masalahnya yang bikin malu itu, peristiwa ngompol itu terjadi saat Javas udah dewasa. Dewasa karena bulan November kemarin Javas baru saja merayakan ulang tahun yang ke-17 tahunnya. Gimana tidak malu coba? kan malu banget udah dewasa kok masih ngompol. Kalo ada miss lebay ato mas lebay, pasti  atoakan bilang gini di hadapan Javas, Ya Ampun, Sudah SMA Masih Ngompol? *plak

Karena malu pake banget itulah Javas mencoba mencari tahu, wajar gak sih kalo udah dewasa masih aja ngompol. Dari beberapa kali pencarian, akhirnya dapat Javas ketahui beberapa fakta dari mimpi kencing tersebut. Apa saja? ini dia...

Arti Mimpi Kencing atau Buang Air

Menurut sumber yang Javas baca dari blog arti mimpi, mimpi kencing memiliki arti bahwa kita harus waspada karena rumah kita akan didatangi pencuri atau maling. 

Kalo membaca arti mimpi itu, Ngeri juga, kan? gimana kalo nanti rumahku disatroni ama maling? mana Javas lebih sering sendirian tinggal di rumah, ortu lebih sering kagak pulang ke rumah. Jadi makin ngeri deh!


Ngompol saat tidur menurut Ilmu Kesehatan


Mengompol saat tidur atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan nocturnal enuresis. Mengompol bukanlah hal yang wajar bila terjadi pada individu dewasa. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Gejala yang muncul bersamaan dengan mengompol juga penting diperhatikan untuk mengetahui ada gangguan urologis atau tidak.

Berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan orang dewasa masih mengompol, seperti dikutip dari National Association For Continence,nafc.org, yaitu:

1. Genetik
Salah satu telah menunjukkan bahwa seseorang dengan kedua orangtua yang mengompol memiliki risiko 77 persen jadi bedwetter (pengompol). Jika hanya salah satu saja yang mengompol maka risikonya menjadi 40 persen.

2. Gangguan hormon ADH
Hormon ADH (antidiuretic hormone) yang berfungsi memberitahu ginjal untuk mengurangi jumlah urine yang diproduksi. Beberapa orang menghasilkan hormon ADH yang tidak tepat di malam hari sehingga produksi urine tetap tinggi. Atau bisa juga produksi hormon ADH yang cukup tapi tidak direspons oleh ginjal sehingga terus menghasilkan jumlah urine yang sama seperti siang hari.

3. Kandung kemih yang lebih kecil
Umumnya kapasitas dari kandung kemih penderita nocturnal enuresis untuk menampung urine lebih kecil dibanding dengan orang yang tidak mengompol. Jika jumlahnya melebihi kapasitas dan tidak mampu menahan, menyebabkan otot-otot pada kandung kemih tegang, yang kemudian menyebabkan buang air kecil berlebih.

4. Obat-obatan tertentu
Beberapa obat yang diketahui bisa menyebabkan nocturnal euneresis seperti obat untuk insomnia dan obat untuk kondisi kejiwaan misalnya thioridazine, clozapine dan risperidone.

5. Alkohol
Jika seseorang sering mengonsumsi alkohol, maka produksi hormon vasopresin (hormon yang mengatur pengeluaran urine) yang dihasilkan dalam tubuh akan berkurang.

Alhasil, bila kandung kemih mulai terisi, tidak ada hormon yang mampu mengaturnya dan harus segera dikosongkan dengan pengeluaran urine. Dan biasanya seseorang yang tertidur pulas tidak menyadari dan akhirnya mengompol.

6. Penyebab lainnya
Beberapa kondisi lain diketahui bisa menyebabkan orang mengompol seperti infeksi saluran kemih, batu saluran kemih, gangguan saraf, kelainan anatomi, kanker prostat, pembesaran prostat dan gangguan tidur obstructive sleep apnea. Dalam kasus yang langka beberapa gangguan emosional atau kecemasan akut bisa menyebabkan orang dewasa ikut mengompol.

Untuk mengetahui penyebabnya, maka dokter akan melakukan pemeriksaan yang meliputi tes fisik, tes urine, pemeriksaan urologi serta mengevaluasi kesehatan saraf.

Pengobatan

Pengobatan yang diberikan berdasarkan penyebab dari mengompol itu sendiri. Jika tidak ada masalah medis yang mendasari, maka pasien diminta mengurangi asupan minum menjelang malam dan berlatih senam kegel.

Gerakan dasarnya adalah menggerakkan otot-otot panggul seperti saat menahan kencing, kemudian menahannya selama beberapa saat sebelum dilepaskan kembali. Senam kegel bisa dilakukan sambil duduk atau dimana saja.

Teknik senam Kegel yang mudah dilakukan caranya adalah kontraksikan otot seperti menahan kencing untuk awalnya selama 5 detik, kemudian kendurkan. Terus ulangi latihan tersebut setidaknya lima kali berturut-turut dengan meningkatkan lama waktu menahan kencing 15-20 detik.



Itulah hasil dari pencarianku dari peristiwa paling menghebohkan dalam sejarah hidupku, ngompol. Cukup mengerikan memang, tapi berharap yang terbaik aja deh!

Terima kasih dah membaca cerita ngompolku hari ini ya.... semoga sobat blogger gak malu kalo ngalamin mimpi yang serupa dengan Javas. Selamat beraktivitas dan happy blogwalking!





38 komentar:

Adityar A.T mengatakan...

Kalau sepengetahuan ane sih (yang bukan orang kesehatan), katanya ngompol buat orang dewasa itu bukan sesuatu yang normal. Tapi kayaknya kalau cuma kejadian satu kali, itu bisa aja karena mungkin lu kecapean, kebanyakan minum, atau faktor-faktor lain. Kalau ngompolnya sering, itu yang musti dikhawatirkan.

Rakyan Widhowati Tanjung mengatakan...

yang pasti nggak sering-sering kan mas? hehe.
penyebabnya cuaca juga bisa mas. kalau misalnya cuaca tiba-tiba dingin gitu, produksi ADH jadi berkurang. jadinya banyak buang air kecil.
salam kenal :)

sabda awal mengatakan...

makanya pipis dulu sebelum tidur.,.. whaha

Dwi Kresnoadii mengatakan...

Ini ngompol apa miimpi basah mas, Javas. :p

Dian Wahyuni mengatakan...

hahah, tu kasur bekas ompol mudah-mudahan udah di cuci ya javas, hegheg. Di tunggu cerita selanjutnya ^^

nenna massara mengatakan...

wahwah wajar itu dek :)

UlfakunDL mengatakan...

wah ternyata dibalik ngompol tersirat banyak arti, wah kalo misalnya ada salah satu arti dari ngompolnya yang baik dan membawa keberuntungan wah mau tuh bang ngompol tiap hari hahaha :D

mawi wijna mengatakan...

semestinya kalau di mimpi ngerasa mau pipis sih harusnya mimpinya itu 1/2 sadar, jadi bisa bangun secara mendadak gituh.

Javas K. Niscala mengatakan...

iya, ini baru yang pertamanya. tiba-tiba aja basah githu. hahaha

Javas K. Niscala mengatakan...

mungkin juga ya....
sedari sore dah tidur soalnya. ngantuk, gak sempat pipis dl sebelum tidur. biasanyakan pipis dulu githu...

Javas K. Niscala mengatakan...

iya, kakak. smalam emang ketiduran sedari sore, blm sempat pipis... :(

Javas K. Niscala mengatakan...

ngompol, kak. kalo mimpi basah mah udah pasti ada artinya. aku malah bersyukur kalo dapat mimpi basah, hehehe

Javas K. Niscala mengatakan...

gak sampe kasur kok. kan ada CD, celana, sepray yg harus dilalui, jd gak sampe ke kasur. aman deh! :)

Javas K. Niscala mengatakan...

beneran wajar, ya? udah takut nih....

Javas K. Niscala mengatakan...

ini artinya jelek lho... maknaya gak mau sering-sering dong! kan malu kalo keluar kamar trus celana basah.

Javas K. Niscala mengatakan...

emang githu, 1/2 aja mimpinya. separohnya diteruskan di kamar mandi. hahha

Edotz Herjunot mengatakan...

Kalo mimpi pipis kenyataannya ngompol, jujur gue juga pernah vas ..
Kejadiannya juga waktu gue udah SMP ... :D
Bangun2 gue buru2 mandi plus ganti celana sama kancut..

Beruntung gue gak mimpi boker

RaraDanessa Diolaloo mengatakan...

mungkin waktu mau tidur km udah kebelet tapi gak krasa, jadinya pas tidur malah ngompol hehe

Ginty Intan Mawarti mengatakan...

gak papa javas..
yang penting jangan keseringan aja ya ngompolnya.. :)

Meykkesantoso mengatakan...

ah, soal pencuri itu mitos lah Vas..baru tahu kamu baru 17 tahun ya Vas...hehehe...
ya sudah besok sebelum bobok pipis dulu Vas...biar bednya bersih waktu kamu bangun...hehehehe

Lutfie Ferdiansyah mengatakan...

kata ngompol pun jadi sangat panjang wahahaha ,

Efnu mubarok mengatakan...

wkwkwkwkwkwkwkwkwk.
udah, cari capung terus taruh di pusar, kalo gak salah pernah dengar omongan orang dulu ya gitu :D

Javas K. Niscala mengatakan...

wah, kita sama dong! cuman aku lbh gedean dikit, SMA. kwkwkwk

Javas K. Niscala mengatakan...

Mungkin juga githu. abisnya sejak sore dah tidur lho...

Javas K. Niscala mengatakan...

hanya sekli kok. moga aja gak nambah lagi. :)

Javas K. Niscala mengatakan...

buaknya aku dah sering bialng masih duduk di SMA..... kurang cermat mungkin bacanya. :)

Javas K. Niscala mengatakan...

iya, padahal naitnya cuma nulis dikit aja lho...

Javas K. Niscala mengatakan...

emamng ada? baru tahu kalo ada mitos semacam itu. heheheh

Ina Rakhmawati mengatakan...

biasakan ke kamar mandi sebelum tidur dan jangan banyak minum sebelum tidur

Januarico Alif Darmawan mengatakan...

kalo, gara-gara mimpi saya juga pernah waktu masih SD kelas 5
waktu itu saya tidur siang terus mimpi lagi jalan mau kencing ke kamar mandi, di dunia nyata saya juga jalan ke kamar mandi sambil tidur, tapi belum masuk kamar mandi udah kencing. padahal di mimpi udah masuk kamar mandi

Dedii Andrean Ardiansyah mengatakan...

baru tau, ternyata senam kegel itu penemuan terbaru :D

Ulfa Oktarida mengatakan...

udah punya KTP dong :O
makanya pake no drop biar gak bochor-bochor..

Lina Setya mengatakan...

Faktor kecapekan dan belum pipis sebelum bobok. Moga nggak ngompol lagi. Kasian tuh orang rumah harus nyuci kasur kl ngompolnya sampai bawah:D

Wiladah El-Fairy Liandra [FU] mengatakan...

Untung aja nggak sering ya.
sepupu aku ada yang suka ngompol sampai dewasa. bahkan sekarang dia lomba sama anaknya suka ngompol :D

Semoga aja artinya nggak jelek ya. be positif aja deh :D

oh, masih 17 tahun ya? ta pikir udah 26 tahun umurnya *keliatan kayak 10 tahun lebih tua* *hag hag hag* *plak*

Heru Prasetyo mengatakan...

jangan jangan mimpi basah lu vas , wkwk

Ami Potabuga mengatakan...

waduh...

Fira Angela mengatakan...

Kamu kecapek'an ya mas javas .. klau masalah mimpi seh bermasalah klau beneran terjadi

Wahyudi mengatakan...

Ni aku baru mimpi kencing juga. Faktornya karna yidur dr sore

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya. Happy blogwalking!