Senin, 11 Maret 2013

Siapakah Hercules Itu?


Baru-baru ini Javas lagi penasaran banget dengan yang namanya Hercules. Gimana tidak penasaran coba, setiap nyalain tv, yang muncul adalah berita tentang nama Hercules. Usut punya usut, Javas mencoba mencari tahu, siapakah yang dimaksud dengan Hercules ini.

Biasalah, namnaya juga anak muda, rasa ingin tahu yang tinggi tentu aja membuat Javas selalu bertanya-tanya dan mencari tahu jawabannya. Selama itu bermanfaat, bagi Javas sih tentu banyak orang yang membolehkannya. Darimapa penasaran dengan hal yang negatif, lebih baik yang postif-poitif aja tho? iya tho?

Hal pertama yang Javas berhasil gali adalah, menurut wikipedia, Herkules adalah tokoh dalam mitologi Romawi. Dalam mitologi Yunani dia dikenal sebagai Herakles. Begitu banyak cerita dan versi tentang lelaki yang diidentikkan dengan kekuatan dan kedewaannya. Legenda menyebutkan bahwa Herkules adalah putra dewa Yupiter (Dalam mitologi Yunani disebut Zeus), pemimpin para dewa dengan Alkmene yang seorang wanita biasa. 

Tai sayangnya bukan Hercules dalam mitologi itu yang Javas maksudkan. Yang bikin penasaran kan Hercules yang sekarang bnayak dibicarakan banyak orang, yang tiap hari masuk tv, yang ditangkapi polisi dan mereka bertato-tato itu.....

Karena wikipedia gak mampu menjawab pertanyaan Javas, jadinya beralih ke situs berita yang saat ini gencar memeberitakan mereka. Adalah Tempo yang menjadi rujukan Javas. Dari situs itu baru Javas tahu, bahwa Hercules yang Javas maksud adalah orang yang disegani dari Desa Langut, Tetangganya menyebutkan Hercules memiliki sejumlah kekayaan, seperti sawah seluas 30 hektare. Ia juga mendirikan sekolah, mengelola usaha perikanan, dan berbisnis perkapalan yang mempekerjakan sekitar 300 orang. Indramayu kini menjadi salah satu persinggahan Hercules. Nama lengkapnya Hercules Rosario Marshal.

Hercules dikenal sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Rakyat Indonesia Baru. Organisasi yang didirikan pada September 2011 lalu itu membantu korban kebakaran di Sawah Besar, Jakarta Pusat. Ia masuk Jakarta pada 1987, mengikuti program pemberdayaan pemuda yang digelar Yayasan Tiara. Hercules belajar elektronika perbengkelan di Cijantung. Tak betah bekerja di bengkel, Hercules kabur ke Tanah Abang.

Di pusat perdagangan garmen ini, nama Hercules cukup terkenal. Namun, pada 1997, kekuasaan Hercules berakhir, yang ditandai oleh pertikaian yang berakibat dua anak buahnya tewas. Ia ribut melawan kelompok pimpinan Muhammad Yusuf Muhi alias Bang Ucu Kambing, yang didukung warga sekitar.

Pada Desember 2005, pria kelahiran Dili, 45 tahun lalu itu sempat ditahan selama 60 hari di Rumah Tahanan Kepolisian Daerah Metro Jaya. Pasalnya, sekitar 20 anak buahnya menyerbu kantor redaksi sebuah surat kabar karena tidak puas atas pemberitaan yang mengaitkan Hercules dengan premanisme.


Nah, rasa penasaranku akhirnya terjawab sudah. Ternyata Hercules yang dimaksud itu orang itu tho... yang punya anak buah banyak, yang tv-tv mengatakan sebagai kumpulan penguasa Tanah Abang. Kalo membaca hal buruknya, ngeri juga sih dengernya. Paling tidak sekarang jadi imbanglah, anatara hal positif dan negatifnya dari tokoh ini.

Semoga yang belum tahu tentang sia pa dia, sekarang jadi tahu ya....





28 komentar:

Blogging Tips mengatakan...

Terima kasih sudah share artikel ini...

kukuh mengatakan...

makasih ya infonya. baru tau juga hahaha setiap ngeliat TV itu terus beritanya.

Moti Peacemaker mengatakan...

wah..wah..saya baru denger
maklu, nggak pernah liat TV

nenna massara mengatakan...

waduh hebat bener , gue aja nggak tau dek -_-

leniwiw mengatakan...

hercules yang ini katanya kalau kena peluru bisa nembus lho tanpa luka sedikitpun >.<

Meykkesantoso mengatakan...

aku juga baru dengr soal ini Vas, tapi dilihat dari wajah bapaknya emang rada nyeremin gitu sih ya...hehehe..Hercules, itu nama asli>> dari nama aja udah iwaw gitu sih ya @.@

RaraDanessa Diolaloo mengatakan...

oalaah jadi itu yg namanya hercules, dari kmaren di berita dibahas terus. tapi aku gak tau kalo ternyata dia itu gangster yg punya anak buah banyak. ihh serem..

ahmad fauzi mengatakan...

Hoalah, gue kirain hercules yg dewa"an gtu, ternyata hercules, seorang tokoh....
Prsaan gue blom prnah liat berita hercules di tivi, bang

ahmad fauzi mengatakan...

Hoalah..... Gue kirain hercules yg dewa" gtu. Ternyat seorang tokoh -_____-
Gue ga prnah liat berita hercules di tv dah, bang

Nurul Prayoga Abdillah mengatakan...

oh, gitu ya Vas. *manggut-manggut*

Lutfie Ferdiansyah mengatakan...

udah lama gue kenal ini haha ya gitu yang buat jelek namanya dia anak buahnya haha
tapi tetep dia orang yang baik dimata gue haha

munir rinem mengatakan...

wah ini orang kaya yang top

Ginty Intan Mawarti mengatakan...

waktu itu aku juga bingung.. siapa tuh hercules..
aku kirain agung hercules yg penyanyi dangdut itu.. hehehe
oh, ternyata bukan toh..
setelah baca artikel javas ini, aku jadi tahu deh siapa itu hercules.. :)

ahmad muazim abidin mengatakan...

halah, wong iki toh, gek nane koncoku dolanan kelereng *ngaco

ouw, baru tau kalo tuh orang kelahiran dili. mantan bagian ibu pertiwi

YouRha mengatakan...

oh kirain hercules yang dlm film itu...kiraain..

tpi sma2 superhero jga kok..hehe

UlfakunDL mengatakan...

kirain gue Hercules beneran bang, ternyata Hercules Rozario ini :D

Bandot Unyu mengatakan...

oh iya, Hercules itu asalnya dari flores lalu dia merantau ke jakarta. kalo diflores dia disegani, hampir smeua toko besar menyewa tenaga dia.

Javas K. Niscala mengatakan...

masama....

Javas K. Niscala mengatakan...

masama...

Javas K. Niscala mengatakan...

padahal lagi rame lo, bang?

Javas K. Niscala mengatakan...

gak sengaja liat beritanya, kak.

Javas K. Niscala mengatakan...

iya, salah satu matanya kan kena peluru tuh! sampe sekarang masih idup tuh!

Javas K. Niscala mengatakan...

iya ta?

Javas K. Niscala mengatakan...

menerut berutanya sih gangstar, tap gak tahu kalo aslinya. :)

Javas K. Niscala mengatakan...

iya, gw kira juga githu kak. :)

Javas K. Niscala mengatakan...

*angguk-angguk*

Javas K. Niscala mengatakan...

iya, tah? pasti ada aja yg bikin onar githu ya...

Lina Setya mengatakan...

Awalnya ngira Herculez yang penyanyi itu. Pas lihat berita ternyata beda. Thanks infonya:)

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya. Happy blogwalking!