Selasa, 02 April 2013

Light It Up Blue For Autism


Sobat blogger, ada yang tidak biasa dengan hari ini. Jika kita mau sedikit perhatian lagi, ternyata hari ini itu diperingati sebagai hari Autis Internasional. Adakah sobat blogger tahu itu? kalo belum tahu, Javas ingin berbagi sedikit nih....

Jadi, sesuai dengan Resolusi PBB No. 62/139, dikeluarkan pada 18 Desember 2007 yang lalu telah menetapkan bahwa pada tanggal 2 April diperingati sebagai Hari Autis Sedunia. Peringatan ini untuk mengingatkan kepda khalayak umum, bahwa ada anak-anak di sekitar kit yang juga membutuhkan perhatian lebih besar karena mereka aalah anak-anak yang mempunyai kebutuhan khuss dibanding dengan anak-anak biasanya.

Tahun ini, peringatan hari autis Internasinal ini mengambil tema Light It Up Blue. Nyalakan atau Pancarkan Biru, maksudnya biru adalah warna yang abadi. Mereka yang autistik akan ada di antara kita terus, jadi mau nggak mau kita harus belajar mengenal mereka (anak autistik) tanpa memandang dan berfikir kalau mereka itu aneh. Kita harus terus belajar mengenal sampai kita benar-benar mengerti apa itu autisme. selama ini kan kita selalu berpandangan, bahwa auts itu aneh. Nah, dengan peringtan semcam ini dihrpkn agar pndangan seperti itu mulai berubah. 


Selain itu, Warna biru juga sebagai simbol kepedulian untuk membantu anak-anak penyandang autisme. Ini juga mengingatkan kita para non-autistik untuk tetap responsif bahwa anak-anak berkebutuhan khusus membutuhkan layanan kesehatan.

Nah, sobat blogger. Suah pedulikah kita kepada para penyandang kebutuhan khusus ini? kalau blum, kini saatnya bagi kita untuk lebih peduli lagi dengan mereka. Bagi yang masih sering menyalah-gunakan kata autis, sepertinya mulai sekarang kudu ditinggalkan. Ingat, mereka manusia seperti kita, yang juga butuh dihargai seperti yang lainnya.










10 komentar:

fikrielfrana mengatakan...

artikelnya keren meen, semoga kita semakin sadar akan kehadiran mereka juga disisi kita

Robianus Supardi mengatakan...

Mari kita sama-sama merubah cara pandang kita pada penyandang autis, semoga kita lebih menghargai mereka

Meykkesantoso mengatakan...

wah, setuju. kadang kata autis itu buat bercandaan gitu ya, jadi harus hati hati ngomong juga.:)
tapi banyak juga anak autis yang berprestasi..

Edotz Herjunot mengatakan...

Wah gue baru tau ada hari beginian, tapi di SD gue juga ada beberapa anak autis. Mereka butuh pendampingan khusus, tapi lucu-lucu kok...
Nggemesin malah...

Ryan Hendra mengatakan...

Peduli pakai rekomendasi sekali :)

Kalau ngomong buat bercanda asalkan bukan buat negatif menurut saya wajarlah namanya juga ABG hehe ... :D

Setuju dengan Quotanya :D

Azim mengatakan...

semoga ajalah makin banyak yg peduli sama autis, dan moga enggak ada lagi yang nyalah gunain kata autis buat maen2 belaka

Ami Potabuga mengatakan...

sama, sy jg bru tau klo 2 April i2 hr Autis. Hhhmmm... sy blum prnah liat anak Autis scra lngsung sih cm prnh nnton lwat film yg mncrtkan anak Autis atw bca artikel yg mmbhas ttg anak Autis.
di PAUD t4 tmen sy ngajar ad ank Autis, tmnku blng ank Autis i2 gak bodoh hnya sj mrka hidu dgn dunianya sndiri tp mrka msih ttp mmprhtkan skeliling.

Fian Syauqi mengatakan...

aku juga baru tahu ada hari autis...
mungkin kita bisa membantu para teman2 yang pakai BB, karena mereka itu kebanyakan autis. hahhaa

diniehz mengatakan...

yup!

http://www.dhzblog.com/2012/12/berhenti-salah-gunakan-kata-autis.html

hayuk berhenti salahgunakan kata autis.

erickparamata mengatakan...

Selamat Hari autis.. :)
Kadang kita melupakan mereka. Padahal banyak loh yg berprestasi. :(

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya. Happy blogwalking!