Rabu, 18 Juli 2012

Welcome Post




Welcome to my blog!

Ini adalah blog tempat ku mencurahkan semua unek-unekku yang sebagian besar adalah tentang fiksi. Benar, blogku ini lebih fokus pada fiksi, khususnya fiksi mini.

Bagi yang belum tahu, apa itu fiksi mini, berikut sebutan-sebutan di berbagai negara untuk menyebut Fiksi Mini:

Di Prancis, fiksi mini dikenal dengan nama nouvelles. Orang Jepang menyebut kisah-kisah mungil itu dengan nama ”cerita setelapak tangan”. Sebab, cerita
itu akan cukup bila dituliskan di telepak tangan kita. Ada juga yang menyebutnya sebagai ”cerita kartu pos” (postcard fiction) karena cerita itu juga cukup bila ditulis dalam kartu pos. Di Amerika Serikat, ia juga sering disebut fiksi kilat (flash fiction), dan ada yang menyebutnya sebagai sudden fiction atau micro fiction. Bahkan, seperti diperkenalkan Sean Borgstrom, kita bisa menyebutnya sebagai nanofiction. 

Di Indonesia disebut Fiksi Mini. Karena disebut mini, maka fiksi ini hanya terdiri atas secuil kalimat. Mungkin empat, sampai sepuluh kata atau satu paragraf. Tapi, di sana kita memperoleh ”keluasan dan kedalaman kisah”. Dana dalam blogku ini, aku menulisnya juga hanya beberapa kalimat saja, kadang dua paragraf, bahkan lebih dari lima paragraf.

Sedangkan ciri-ciri dari fiksi mini adalah :
  • Menceritakan seluas mungkin dunia, dengan seminim mungkin kata
  • Ibarat dalam tinju, fiksimini serupa satu pukulan yang telak dan menohok
  • Bila novel membangun dunia. Cerpen menata kepingan dunia. Fiksimini mengganggunya
  • Fiksimini yang kuat ibarat granat yang meledak dalam kepala kita
  • Ia bisa berupa kisah sederhana, diceritakan dengan sederhana, tetapi selalu terasa ada yang tidak sederhana di dalamnya.

Kenapa aku memilih Fiksi Mini?
Tidak ada alasan pasti kenapa aku memilih genre ini. Aku hanya tidak bisa merangkai kata dengan baik, tidak bisa menulis panjang lebar yang berbelit-belit. Aku hanya laki-laki sederhana yang mencoba menyerderhanakan kisah menjadi sebuah kisah mini. Tidak panjang, maka Aku menulis fiksi mini ini.

Mungkin ada yang bertanya, apakah ini tentang kisah hidupku? jawabnya tidak.  Aku menulis ini berdasarkan kata-kata yang aku temui dimana saja. Ketika aku menemukannya dalam satu kalimat, dari satu kalimat ini aku tulis dan aku kembangkan menjadi satu, dua atau lebih paragraf yang menjadi sebuah cerita. Tulisan blogku ini tentang cerita fiksi.

Aku menyukai dunia sastra. Aku butuh media untuk menyalurkan keresahan dan kegelisahanku dalam semuah media, tentu saja media itu adalah blog ini.

Di sekolah, aku bergabung dalam tim mading. Aku merasa hanya ikut bergabung saja tidak cukup untuk menyalurkan hasratku untuk terus menulis. Setelah guruku mengajarkan cara membuat blog, maka terciptalah blog sederhana ini. Cukup sederhana karena memang kumpulan dari karyaku yang memang fokus pada gaya penulisan Fiksi Mini yang sederhana pula.

Untuk seluruh pengunjung blogku, terima kasih atas kunjungan dan komentarnya. Aku mengucapkan banyak terima kasih atas segalanya.

Happy Blogwalking!


Salam,

Kenzie Javas Niscala


2 komentar:

Anonim mengatakan...

buy tramadol in florida order tramadol online without prescription - buy tramadol online from canada

Anonim mengatakan...

buy tramadol cod next day delivery order tramadol for pets - tramadol online cod

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya. Happy blogwalking!